Kompas.com - 19/05/2021, 18:40 WIB
Ilustrasi tanaman dalam ruangan shutterstockIlustrasi tanaman dalam ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman di dalam rumah atau ruangan haruslah memiliki fungsi ganda. Tanaman tidak hanya mempercantik ruangan, tapi juga membersihkan udara di dalam rumah dari racun maupun zat kimia berbahaya lain.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), rumah yang kita huni memiliki polutan tiga hingga lima kali lebih besar daripada polusi di luar ruangan. 

Baca juga: 8 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Dapur, Bisa Usir Racun di Udara

Anda mungkin tinggal di rumah yang "sakit" dan tidak menyadarinya. Racun atau zat kimia berbahaya itu bisa datang dari benda-benda di dalam rumah seperti zat xylene (dalam cat dan pernis), benzena (lilin furnitur, semprotan serangga) trichloroethylene (pembersih, perekat), dan formaldehida (pelapis, penyegar udara). 

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan bahwa meletakkan tanaman di dalam rumah adalah cara efektif dan sederhana untuk mendetoksifikasi udara di rumah. 

Baca juga: 15 Cara Mengejutkan untuk Mengurangi Polusi Udara di Dalam Ruangan

Melansir dari laman The Healthy, Rabu (19/5/2021) berikut ini enam tanaman pembersih udara dan polusi terbaik di rumah menurut NASA.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pakis Boston

Ilustrasi tanaman pakis bostonUnsplash/Kelly Sikkema Ilustrasi tanaman pakis boston
Pakis Boston atau Boston fern berasal dari hutan tropis dan daerah rawa sehingga tanaman ini dapat tumbuh subur dalam cahaya rendah dan kelembapan tinggi.

Selain mempercantik ruangan, pakis Boston membantu menghilangkan xylene, zat yang ditemukan dalam cat dan pernis. 

Baca juga: 10 Tanaman yang Mampu Usir Udara Berbahaya di Dalam Ruangan

Penelitian NASA mengungkapkan pakis Boston adalah tanaman rumah teratas untuk menghilangkan formaldehida—gas berbau menyengat yang digunakan dalam pembuatan bahan celup dan plastik.

Tanaman pakis Boston tidak memerlukan banyak perawatan dan cocok diletakkan kamar mandi. Kelembapan dari dari kamar mandi akan menghidrasi tanaman. 

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Kering? Letakkan 5 Tanaman Hias Ini

Pakis Kimberly Queen

Berbeda dengan pakis Boston yang tumbuh melebar ke samping, pakis kimberly queen tumbuh tegak dan memberikan penampilan yang rapi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.