Kompas.com - 20/05/2021, 10:24 WIB
Ilustrasi tanaman hias peace lily. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi tanaman hias peace lily.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun meletakkan tanaman hias di dalam ruangan indah, namun beberapa tanaman hias ini bisa menyebabkan pemicu alergi serbuk sari pada beberapa orang. Alergi ini bisa sangat mengganggu, mulai dari mata gatal, hingga bersin yang berkepanjangan.

Melansir dari Decortips, Kamis (20/5/2021), The Spanish Society of Allergology and Clinical Immunology (SEAIC) menyimpulkan bahwa pada tahun 2020, alergi serbuk sari memengaruhi lebih dari delapan juta orang di Spanyol.

Jika Anda termasuk orang yang mengalami alergi serbuk sari, ada beberapa pertimbangan jika ingin meletakkan tanaman di dalam rumah, misalnya memberi ventilasi ruangan, menggunakan pembersih udara, dan rutin membersihkan rumah.

Baca juga: 13 Tanaman Hias yang Cocok dan Memberi Manfaat Positif di Kamar Tidur

Namun, bagi Anda yang mengalami alergi ini, ada beberapa tanaman yang dapat dirawat oleh orang yang memiliki alergi serbuk sari, berikut ini daftarnya.

1. Peace lily

Mengingat ketahanannya, tanaman ini cocok diletakkan di semua ruangan. Peace lily memiliki daun hijau cerah dan bunga putih yang membuatnya menarik.

Selain itu, tanaman ini bisa membersihkan ruangan dari beberapa racun, seperti toluena dan xilena.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peace lily memerlukan tempat yang hangat dan banyak cahaya, meski tidak terkena sinar matahari langsung. Untuk penyiramannya, lakukan dua kali seminggu dan mereka membutuhkan sedikit kompos di awal musim panas.

Baca juga: 6 Hama yang Sering Menyerang Tanaman Hias dan Cara Membasminya

2. Dracaena (Dracaena marginata)

Dracaena adalah tanaman tropis. Daunnya yang hijau tipis dengan warna kuning sangat ideal untuk diletakkan lorong-lorong seperti koridor atau lorong.

Mereka juga memiliki kemampuan untuk membersihkan zat beracun seperti benzena dan formaldehida, yang membuatnya penting untuk memerangi alergi terhadap serbuk sari, atau bagi mereka yang menderita asma atau masalah pernapasan lainnya.

Letakkan tanaman ini di tempat terang di rumah dan lindungi dari suhu dingin.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.