Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2021, 13:18 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com — Memilih furnitur kayu yang berkualitas memang gampang-gampang susah, namun kamu tak perlu menjadi ahli untuk melakukannya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah melihat bahan, konstruksi, dan finishing nya, serta tentu saja luangkan waktu sedikit lebih banyak.

Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan furnitur kayu pilihanmu berkualitas atau tidak, seperti dilansir dari The Spruce, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Berapa Seharusnya Jarak Furnitur di Kamar Tidur?

1. Sumber kayu

Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku adalah salah satu faktor yang menentukan berapa lama furnitur akan bertahan dan berapa harganya seiring bertambahnya usia.

Furnitur berkualitas umumnya terbuat dari kayu keras yang berasal dari daun pohon seperti oak, maple, mahoni, jati, walnut, cherry, dan birch.

Kayu akan dikeringkan dengan udara kemudian dikeringkan dengan kiln untuk menghilangkan semua kelembaban.

Pohon jenis konifera seperti pinus, cemara, redwood, dan cedar menghasilkan kayu lunak. Kamu bisa menemukan furnitur berkualitas baik di hutan ini, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak perawatan karena lebih rentan terhadap goresan dan penyok.

Baca juga: Ini Cara Memilih Furnitur Untuk Ruang Tamu Kecil

Furnitur kayu solid sebagian besar sudah ketinggalan zaman. Kamu masih dapat menemukannya, tetapi lebih umum menemukan furnitur yang terbuat dari kayu lapis atau kayu olahan.

Namun, furnitur dari kayu lapis atau kayu olahan bukan berarti tidak bagus, karena kedua bahan ini tetap menjanjikan kekuatan dan mencegah adanya keretakan atau pembengkokan.

2. Konstruksi

Memilih furnitur bukan hanya terpaku pada keindahan saja, tapi juga fungsi dan berapa lama akan bertahan.

Teknik tanggam, tenon adalah dua cara tertua untuk menyatukan furnitur, dan keduanya menjadi sambungan yang paling kuat dan paling menarik secara visual.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com