Kompas.com - 04/04/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi masker kain, mencuci masker kain. PIXABAY/CONGERDESIGNIlustrasi masker kain, mencuci masker kain.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain masker bedah, maupun masker hybrid hingga N95, saat ini banyak orang lebih memilih memakai masker berbahan kain sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona.

Memiliki pola dan motif yang lebih banyak ketimbang masker medis pada umumnya, sebagian orang menganggap bahwa masker kain justru lebih modis dan dapat menunjang tampilan mereka.

Namun, seperti apa pun yang sering dipakai, masker berbahan kain yang kamu miliki kemungkinan besar akan terkena noda di beberapa titik.

Baca juga: Simak, 6 Kesalahan dalam Mencuci Masker Kain

Terlebih lagi jika kamu adalah seseorang yang tetap menggunakan make up atau riasan wajah di bawah masker, maka tentu terdapat noda make up yang akan menempel.

Jadi, apabila masker kain yang kamu miliki kerap terkena noda make up, berikut beberapa tips untuk membantumu membersihkannya dengan sempurna, dilansir dari Asia One, Minggu (4/4/2021).

Metode 1: Sabun lembut dan air hangat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu menangani noda membandel, rendam maskermu dengan sabun lembut dan larutan hangat untuk jangka waktu yang lebih lama sampai noda riasan yang menyinggung hilang.

Metode 2: Dengan tisu pembersih makeup

Tisu pembersih make up tidak hanya untuk wajahmu, tisu ini juga berguna untuk menghilangkan make up dari masker kain milikmu. Mudah dan berhasil.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian dan Mesin Cuci

Ambil 1 tisu pembersih make up dan oleskan atau gosok perlahan sampai noda terangkat. Cara ini paling efektif untuk noda baru yang belum sempat mengering dan mengeras.

Metode 3: Es batu

Ini adalah salah satu trik sederhana lainnya untuk menghilangkan make up dari masker kainmu. Gosokkan es batu dengan kuat pada noda.

Pastikan untuk tidak menggunakan air panas karena bisa menyebarkan noda. Es batu bagus jika kamu tidak ingin merusak serat halus seperti masker berbahan kain sutra.

Metode 4: Alkohol gosok

Masker kainmu berurusan dengan noda dari lipstik favoritmu? Rendam kapas atau waslap dalam alkohol gosok sebelum mengusapnya dengan lembut pada area masker yang terkena noda lipstik.

Halaman:


Sumber Asia One
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X