Kompas.com - 04/04/2021, 12:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kebanyakan orang membeli bonsai saat sudah jadi dan sudah berbentuk bonsai.

Padahal, membentuk dan merawat bonsai adalah hal yang mengasyikkan untuk dilakukan.

Bonsai adalah seni yang telah dipelajari dan disempurnakan selama berabad-abad, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan sendiri di rumah.

Baca juga: 5 Manfaat Menambahkan Bonsai ke Dalam Rumah

Dengan sedikit panduan, sangat mungkin mampu menumbuhkan pohon bonsai sendiri. Pastikan kamu memilih spesies pohon yang sesuai dengan iklim di daerahmu dan berpegang pada pedoman perawatan dasar untuk tanaman bonsai

Berikut adalah beberapa tips untuk pemula yang baru ingin menanam bonsai di rumah, seperti dilansir dari laman Bonsai Empire, Minggu (4/4/2021).

1. Menanam dan membudidayakan pohon

Langkah pertama adalah mencari tahu spesies pohon mana yang sesuai dengan kebutuhan, iklim, dan keadaan lingkunganmu. Apakah kamu lebih suka menyimpan pohon di dalam ruangan atau di luar ruangan akan berdampak besar pada pilihan.

Menanam bonsai di dalam ruangan membatasi pilihanmu pada pohon subtropis yang dapat bertahan hidup di dalam ruangan. Sedangkan menanam bonsai di luar ruangan memberimu lebih banyak pilihan untuk dipilih.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Meletakkan Tanaman Bonsai di Rumah

Sebagian besar pohon non-tropis sangat cocok untuk tumbuh di luar ruangan, asalkan terlindung dari sinar matahari yang intens atau suhu yang terlalu dingin.

Selanjutnya, kamu bisa membeli pohon yang ingin kamu bonsai di toko online atau di toko tanaman. Kamu dapat memilih dari berbagai jenis pohon yang datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi harganya mahal, terutama yang lebih tua.

Namun, agar lebih murah, belilah tanaman yang belum dibonsai atua masih dalam bentuk bibit.

Metode yang lebih murah dan sangat lambat adalah menanam pohon Anda sendiri dengan menggunakan biji atau stek. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun sebelum pohon muda dapat ditata.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.