Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter yang Kunjungi RS Gaza Tercengang, Kondisi Anak-anak Palestina Begitu Miris

Kompas.com - 29/03/2024, 20:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

YERUSALEM, KOMPAS.com - Tim dokter internasional yang mengunjungi rumah sakit di Gaza selalu siap menghadapi kemungkinan terburuk. Namun dampak mengerikan perang Israel melawan Hamas terhadap anak-anak Palestina masih membuat mereka tercengang.

Ada pemandangan seorang balita meninggal karena cedera otak akibat serangan Israel yang mematahkan tengkoraknya. Sepupunya, yang masih bayi, masih berjuang untuk hidupnya dengan sebagian wajahnya hancur akibat serangan yang sama.

Seorang anak laki-laki berumur 10 tahun yang tidak mempunyai hubungan keluarga berteriak kesakitan kepada orang tuanya, tanpa mengetahui bahwa mereka terbunuh dalam serangan tersebut. 

Di sampingnya ada adiknya, namun dia tidak mengenalinya karena luka bakar menutupi hampir seluruh tubuhnya.

Baca juga: Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Pastikan Bantuan Kemanusiaan Sampai Gaza 

Keadaan korban yang sangat memilukan ini dijelaskan kepada Associated Press oleh Tanya Haj-Hassan, seorang dokter perawatan intensif anak dari Yordania, setelah menjalani shift malam selama 10 jam di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di kota Deir al-Balah.

Haj-Hassan, yang memiliki pengalaman luas di Gaza dan sering berbicara tentang dampak buruk perang tersebut, adalah bagian dari tim yang baru saja menyelesaikan tugas dua minggu di sana.

Setelah hampir enam bulan perang, sektor kesehatan di Gaza telah hancur. Sekitar selusin dari 36 rumah sakit di Gaza hanya berfungsi sebagian. 

Sisanya telah ditutup atau hampir tidak berfungsi setelah kehabisan bahan bakar dan obat-obatan, dikepung dan digerebek oleh pasukan Israel, atau mengalami kerusakan dalam pertempuran.

Hal ini membuat rumah sakit seperti Al-Aqsa Martyrs merawat sejumlah besar pasien dengan persediaan dan staf yang terbatas. Mayoritas tempat tidur unit perawatan intensif ditempati oleh anak-anak, termasuk bayi yang dibalut perban dan memakai masker oksigen.

“Saya menghabiskan sebagian besar waktu saya di sini untuk menyadarkan anak-anak,” kata Haj-Hassan setelah shift baru-baru ini. “Apa yang bisa Anda ketahui tentang rumah sakit lain di Jalur Gaza?”

Baca juga: AS Abstain dalam Resolusi DK PBB soal Gaza, Hubungan dengan Israel Retak?

Sebuah tim dokter internasional berbeda yang bekerja di Al-Aqsa Martyrs pada bulan Januari tinggal di wisma terdekat. Namun karena gelombang serangan Israel baru-baru ini terjadi di dekatnya, Haj-Hassan dan rekan kerjanya tetap dirawat di rumah sakit.

"Hal ini memberi mereka gambaran yang sangat jelas mengenai beban yang dialami rumah sakit karena jumlah pasien yang terus meningkat," kata Arvind Das, ketua tim Komite Penyelamatan Internasional di Gaza. Organisasinya dan Bantuan Medis untuk Palestina mengatur kunjungan Haj-Hassan dan lainnya.

Mustafa Abu Qassim, seorang perawat dari Yordania yang merupakan bagian dari tim kunjungan, mengaku terkejut dengan kepadatan yang berlebihan di rumah sakit.

“Saat kami mencari pasien, tidak ada kamar,” ujarnya. “Mereka berada di koridor di atas tempat tidur, kasur, atau selimut di lantai.”

Sebelum perang, rumah sakit tersebut memiliki kapasitas sekitar 160 tempat tidur, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Saat ini terdapat sekitar 800 pasien, namun banyak dari 120 staf rumah sakit tersebut tidak dapat lagi masuk kerja.

"Petugas kesehatan menghadapi perjuangan sehari-hari yang sama seperti pekerja lainnya di Gaza dalam mencari makanan untuk keluarga mereka dan berusaha memastikan keamanan bagi mereka. Banyak yang membawa anak-anak mereka ke rumah sakit agar mereka tetap dekat," kata Abu Qassim.

“Ini sungguh menyedihkan,” tambahnya.

Baca juga: Apakah Resolusi PBB tentang Gencatan Senjata di Gaza Mengikat Israel?

Ribuan orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat perang juga tinggal di rumah sakit, berharap rumah sakit tersebut akan aman. Rumah sakit memiliki perlindungan khusus berdasarkan hukum internasional, meskipun perlindungan tersebut dapat dicabut jika kombatan menggunakannya untuk tujuan militer.

Israel menuduh rumah sakit berfungsi sebagai pusat komando, fasilitas penyimpanan senjata dan tempat persembunyian Hamas, namun hanya memberikan sedikit bukti visual. Hamas membantah tuduhan tersebut. Israel sendiri telah melakukan operasi besar-besaran di rumah sakit terbesar di Gaza, Shifa, selama seminggu terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com