Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky Ucapkan Terima Kasih Usai Ukraina Lolos ke Euro 2024

Kompas.com - 27/03/2024, 12:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Selasa (26/3/2024) mengucapkan terima kasih kepada tim nasionalnya yang lolos ke turnamen sepak bola Euro 2024.

Timnas Ukraina mengalahkan Islandia 2-1 di laga play-off di Polandia.

"Terima kasih kawan-kawan! Terima kasih, tim! Untuk emosi yang berarti bagi seluruh negara. Untuk kemenangan penting dan lolos ke EURO. Untuk membuktikan sekali lagi: kapan pun Ukraina menghadapi kesulitan tetapi tidak menyerah dan terus berjuang, Ukraina tentu saja menang," tulis Zelensky di X, media sosial yang sebelumnya bernama Twitter.

Baca juga: Rusia Tuding AS, Inggris, dan Ukraina Berada di Balik Penembakan Konser Moskwa

“Pada saat musuh mencoba menghancurkan kami, setiap hari kami menunjukkan bahwa Ukraina ada dan akan ada. Ukraina tetap ada dan akan ada! Terima kasih atas kemenangannya! Jayalah Ukraina!” lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Perang yang sedang berkecamuk dengan Rusia membuat pertandingan dimainkan di Wroclaw, Polandia.

Islandia unggul lebih dulu lewat gol Albert Gudmundsson, kemudian Ukraina membalikkan keadaan setelah Viktor Tsygankov dan Mykhailo Mudryk mencatatkan nama di papan skor.

Baca juga:

Di Euro 2024 yang akan berlangsung di Jerman pada pertengahan tahun ini, Ukraina berada satu grup dengan Belgia, Slovakia, dan Romania di Grup E.

Adapun Rusia tidak berpartisipasi karena dilarang tampil di ajang-ajang UEFA akibat invasi mereka ke Ukraina pada Februari 2022.

Baca juga: Euro 2020 Dorong Kenaikan Penjualan Ritel di Inggris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com