Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DK PBB Mengheningkan Cipta 1 Menit untuk Kenang Korban Penembakan Konser Moskwa

Kompas.com - 26/03/2024, 15:19 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK, KOMPAS.com - Dewan Keamanan PBB pada Senin (25/3/2024) mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang para korban penembakan di konser Moskwa yang menewaskan sedikitnya 137 orang.

Perwakilan dari Jepang, yang saat ini menjabat presidensi di badan beranggotakan 15 negara tersebut, meminta semua anggota berdiri untuk memberi penghormatan pada awal sesi mengenai konflik Israel-Hamas.

Penembakan konser di Moskwa pada Jumat (22/3/2024) dilakukan oleh orang-orang bersenjata yang menyamar. Mereka menembaki Balai Kota Crocus di luar Moskwa.

Baca juga: Saat Diinterogasi Rusia, Ini Pengakuan Tersangka soal Motif Penembakan Konser Moskwa

Serangan ini adalah insiden paling fatal di Eropa yang diklaim oleh ISIS.

Kantor berita AFP melaporkan, Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa juga mengheningkan cipta satu menit pada Senin atas serangan paling mematikan di Rusia dalam dua dekade itu.

Pejabat Kementerian Kehakiman Rusia yaitu Ekaterina Kudelich mengajukan permintaan mengheningkan cipta sebelum menyampaikan laporan negaranya, terkait peninjauan berkala PBB terhadap catatan hak asasi manusia di negara tersebut.

Baca juga:

Dia mengatakan kepada dewan, “Tindakan tidak manusiawi ini sumber kesedihan pribadi, seorang kolega dekat dari Kementerian Kehakiman tewas dalam serangan ini, dan istrinya terluka parah.”

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang peduli terhadap tragedi ini,” imbuh Kudelich, sambil meminta mengheningkan cipta untuk mengenang para korban tewas.

Baca juga: Siapa ISIS-K dan Mengapa Menyerang Konser di Moskwa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com