Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Francis Scott Key yang Ikonis di Baltimore Runtuh Setelah Tertabrak Kapal

Kompas.com - 26/03/2024, 15:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber BBC,NBC News

MARYLAND, KOMPAS.com - Jembatan Francis Scott Key di Kota Baltimore, Amerika Serikat, ambruk setelah sebuah kapal menabraknya.

Hal itu diungkap oleh Otoritas Transportasi Maryland pada Selasa (26/3/2024) pagi.

Jembatan Francis Scott Key cukup ikonis. Jembatan ini juga dikenal sebagai Outer Harbor Bridge.

Baca juga: Pohon Sycamore Gap yang Ikonis di Inggris Ditebang, Picu Kesedihan Luas, Remaja Ditangkap

Jembatan Francis Scott Key adalah jembatan rangka terus menerus yang mencakup Sungai Patapsco, dan merupakan bentang terpanjang ketiga dari setiap jembatan rangka terus menerus di dunia.

Jembatan ini dibuka pada tahun 1977 dan dinamai Francis Scott Key, penulis Star Spangled Banner.

"Jembatan I-695 Key runtuh karena tabrakan kapal," MTA memposting di platform media sosial X, mengacu pada jalan raya antar-negara bagian.

MTA kemudian mendesak para pengguna lalu lintas untuk menghindari rute di atas Sungai Patapsco.

Sebelumnya, MTA telah mengatakan bahwa jalur antar-negara bagian di kedua arah ditutup karena "insiden" di jembatan dan lalu lintas dialihkan.

Seorang juru bicara polisi dari Departemen Kepolisian Baltimore mengatakan kepada NBC News, bahwa kemungkinan ada orang-orang yang tenggelam di sungai.

"Saya dapat mengonfirmasi pada pukul 01.35 pagi, polisi Kota Baltimore diberitahu tentang runtuhnya sebagian jembatan, dengan para pekerja yang mungkin berada di dalam air, di Jembatan Francis Scott Key," kata Detektif Niki Fennoy dalam sebuah pernyataan.

Situs web pemantau kapal MarineTraffic menunjukkan sebuah kapal kontainer berbendera Singapura bernama Dali berhenti di bawah jembatan pada Selasa pagi. 

Baca juga: Ukraina Bantah Kehilangan Jembatan Krynky di Tepi Sungai Dnipro

Sementara itu, diberitakan BBC, Walikota Baltimore Brandon Scott mengaku telah mengetahui insiden di Jembatan Francis Scott Key di kota tersebut, dan telah menghubungi pihak berwenang setempat.

"Saya mengetahui dan dalam perjalanan menuju insiden di Key Bridge... Personel darurat berada di lokasi, dan upaya sedang dilakukan," jelasnya.

Belum ada laporan adanya korban jiwa runtuhnya jembatan dini hari tadi, namun tujuh orang dan beberapa kendaraan dilaporkan masuk ke dalam air.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com