Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Klaim Hancurkan 3 Kapal Ukraina yang Targetkan Jembatan Crimea

Kompas.com - 02/09/2023, 08:54 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia pada Sabtu (2/9/2023) mengeklaim telah menghancurkan tiga kapal tak berawak milik angkatan laut Ukraina yang menargetkan serangan ke jembatan Crimea.

“Pada tanggal 2 September, sekitar pukul 02.20 waktu Moskwa, kapal semi-submersible tak berawak Ukraina ketiga, yang dikirim oleh rezim Kyiv untuk melakukan serangan teroris di jembatan Crimea, dihancurkan di Laut Hitam,” ungkap Kementerian Pertahanan Rusia di Telegram, dikutip dari AFP.

Dijelaskan, satu drone dihancurkan pada Jumat (1/9/2023), dan dua lainnya pada Sabtu pagi.

Baca juga: Rusia Tembak Jatuh 20 Drone Ukraina di Dekat Crimea

Kyiv, yang menyatakan berencana merebut kembali Crimea, telah berulang kali menargetkan jembatan strategis yang menghubungkan semenanjung tersebut ke daratan Rusia.

Wilayah yang dianeksasi oleh Rusia pada 2014 tersebut telah menjadi sasaran Kyiv selama serangan Rusia di Ukraina, tetapi baru-baru ini mendapat serangan yang lebih intens dan meningkat.

Pada bulan lalu, Gubernur Crimea yang dilantik Rusia mengatakan, pasukan pertahanan udara Rusia telah menembak jatuh tiga rudal Ukraina di atas jembatan, salah satu proyek kesayangan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Jembatan beton sepanjang 18 kilometer ini terdiri dari dua struktur paralel, satu untuk lalu lintas jalan raya dan satu lagi untuk lalu lintas kereta api.

Serangan pada bulan Juli menyebabkan kerusakan besar pada bagian jalan jembatan tersebut, yang juga digunakan untuk mengangkut peralatan militer.

Baca juga: Rusia Jatuhkan 3 Rudal Ukraina di Atas Jembatan Crimea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com