Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Monolit di Wales Picu Spekulasi Adanya Alien

Kompas.com - 19/03/2024, 11:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ABC News

LONDON, KOMPAS.com - Monolit perak setinggi 10 kaki (3 meter) ditemukan di tebing berlumpur di dekat Hay-on-Wye di Powys, Wales.

Keberadaan monolit misterius itu memunculkan kembali spekulasi mengenai asal usulnya, apakah terkait dengan alien luar angkasa. Pasalnya, obelisk serupa muncul di Utah, California, Inggris, dan Rumania.

Sebagaimana diberitakan ABC News pada Selasa (19/3/2024), tombak berkilau yang tertancap di tanah dekat Hay-on-Wye itu ditemukan bulan ini oleh pekerja konstruksi Craig Muir ketika dia melakukan pendakian rutinnya.

Baca juga: Logam Monolit Muncul di Republik Demokratik Kongo, Dihancurkan oleh Massa

Muir memposting video penemuan aneh tersebut di TikTok, dengan mengatakan, "Saya datang ke sini hampir setiap hari, dan saya belum pernah melihat ini sebelumnya. Hampir terlihat seperti UFO yang baru saja meletakkannya di tanah".

Dia mengatakan bahwa ketika dia pertama kali menemukan objek tersebut di atas Hay Bluff setinggi 2.221 kaki (677 meter) yang tidak memiliki jalan raya, dia tidak menemukan jejak ban atau jejak kaki di sekitarnya yang dapat menjelaskan adanya hubungan dengan manusia.

Sejak kabar tentang anomali monolit menyebar ke seluruh Wales dan Inggris, wisatawan dan kru berita berbondong-bondong ke tebing tersebut untuk melihatnya.

Muir mencatat dalam video media sosial 15 Maret bahwa seseorang seperti telah membuat penyok pada fasad perak itu.

Ia menggambarkan patung itu tampak terbuat dari baja, tingginya kira-kira 3 meter dan lebarnya setengah meter, dan bagian dalamnya berlubang.

Baca juga: Penemuan Baru Ungkap Petunjuk Asal-usul Batu Monolit di Stonehenge

Dia juga mencatat bahwa benda itu tampak cukup besar dan kuat, sehingga menambah teka-teki bagaimana benda itu bisa sampai di sana.

Sementara beberapa pengamat monolit menganggapnya sebagai sebuah lelucon yang rumit, yang lain berpendapat bahwa berasal dari luar bumi masuk akal.

Setelah memposting videonya di halaman Facebook Hay-on-Wye Community Notice Board, seseorang menyindir, "Saya sangat menyukai monolit tersebut, semoga alien tidak datang dan mendapatkannya terlalu cepat".

Kini, belum ada yang mengaku bertanggung jawab menempatkan monolit di tebing dekat Hay-on-Wye di Powys tersebut.

Penemuan ini merupakan salah satu dari beberapa penemuan yang terjadi sejak 2016 di seluruh dunia.

Pada November 2020, satu balok ditemukan di gurun Red Rock yang terpencil di Utah, menarik perhatian penonton sebelum sekelompok pria tak dikenal memindahkannya ke bagian yang tidak diketahui, menurut Biro Pengelolaan Pertanahan A.S., yang membantah terlibat dalam pembongkaran balok tersebut.

"Kami menyadari ketertarikan luar biasa terhadap monolit di seluruh dunia. Banyak orang menikmati misteri ini dan menganggapnya sebagai pengalih perhatian dari siklus berita 2020," kata Biro Pengelolaan Pertanahan dalam pernyataannya pada 29 November 2020.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com