Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logam Monolit Misterius Terus Bermunculan, Setelah 5 Negara Kini Muncul di Polandia

Kompas.com - 11/12/2020, 20:21 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

POLANDIA, KOMPAS.com - Sebuah logam monolit misterius telah muncul di tepi sungai di ibu kota Polandia, Warsawa, merupakan yang terbaru dari serangkaian benda serupa yang baru-baru ini muncul di Eropa dan AS.

Para pelari memperhatikan pilar segitiga selama mereka berlari pagi di sepanjang sungai Vistula, menurut laporan media lokal, seperti yang dilansir dari AFP pada Kamis (10/12/2020).

Tinggi logam monolit misterius itu sekitar 3 meter, memiliki permukaan berwarna perak kusam, disatukan oleh sekrup dan ditanam di pasir tepi sungai dekat jembatan besar.

Baca juga: Monolit Emas Muncul di Kolombia, Dianggap Pengontrol Semua Monolit

"Sebuah instalasi misterius dan tidak biasa telah muncul di pantai di tepi (sungai) kanan," kata para otoritas distrik Vistula Warsawa di halaman Facebook mereka.

"Jika Anda menghabiskan waktu Anda secara aktif di sungai Vistula, itu tidak akan luput dari perhatian Anda," tambah mereka, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga: Misteri Logam Monolit Berlanjut, Kali Ini Muncul di Belanda

Namun, para warga Warsawa mengatakan tidak terkesan dengan logam monolit misterius itu.

"Saya mengharapkan semacam pengalaman metafisik, tetapi tidak terlalu mengesankan," kata seorang wanita yang mengunjungi situs itu pada Kamis yang menolak disebutkan namanya kepada AFP.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas pemasangan logam monolit misterius pada Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Monolit Logam Misterius Disebut Hilang di Utah, Ternyata Ini Faktanya

Benda yang tampak serupa ditemukan di Amerika Serikat, Rumania, dan Inggris.

Bangunan pertama menjadi berita setelah muncul sebentar di gurun Utah akhir bulan lalu, kemudian 2 lainnya muncul di California selatan dan Rumania beberapa hari kemudian.

Yang lain muncul di pantai di Isle of Wight di lepas pantai selatan Inggris pada Minggu sebelum pendaki menemukan satu lagi di Belanda pada hari yang sama.

Baca juga: Sempat Muncul di Romania, Monolit Logam Raib Secara Misterius

Kemunculan objek Utah pada akhir November memicu rumor liar kunjungan alien, karena kemiripannya dengan monolit hitam dalam film fiksi ilmiah Stanley Kubrick "2001: A Space Odyssey".

Sebuah kolektif seni anonim telah mengklaim terhadap instalasi logam monolit misterius di Utah, tetapi di Polandia, Rumania, Isle of Wight, dan Belanda, belum ada yang mengaku bertanggung jawab.

Baca juga: Setelah Ditemukan di Utah, Monolit Logam Misterius Muncul di Romania

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com