Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket Perusahaan Jepang Meledak Setelah 5 Detik Diluncurkan

Kompas.com - 13/03/2024, 15:58 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WAKAYAMA, KOMPAS.com - Roket Kairos milik perusahaan swasta Jepang, Space One, meledak setelah lima detik diluncurkan pada Rabu (13/3/2024).

Space One adalah perusahaan yang berbasis di Tokyo. Roket Kairos setinggi 18 meter itu diluncurkan di wilayah pesisir Wakayama, Jepang barat, dengan membawa satelit uji kecil milik pemerintah.

Namun, kira-kira lima detik kemudian, roket berbahan bakar padat itu meledak dan mengepulkan asap putih di sekitar daerah pegunungan terpencil. Api oranye berkobar di darat dalam tayangan siaran langsung.

Baca juga: Roket China Gagal Terbang, SpaceX Raup Untung di Indonesia

Space One lalu memutuskan untuk membatalkan peluncuran dan rinciannya sedang diselidiki.

“Kami ingin menerima hasil ini dengan pandangan ke depan dan memulai tantangan kami berikutnya,” kata Presiden Space One Masakazu Toyoda kepada wartawan, dikutip dari kantor berita AFP.

Ia menegaskan bahwa perusahaannya tidak menggunakan istilah “gagal”.

Perusahaan-perusahaan swasta seperti Space One memainkan peran semakin penting dalam eksplorasi luar angkasa di seluruh dunia.

Bulan lalu, perusahaan yang berbasis di Houston, Amerika Serikat, mendaratkan pesawat luar angkasa pertama AS di Bulan selama lebih dari 50 tahun.

Sementara itu, roket buatan perusahaan SpaceX milik Elon Musk sangat diandalkan oleh NASA.

Baca juga:

Akan tetapi, kegagalan banyak terjadi. Tahun lalu contohnya, perusahaan rintisan Jepang lainnya yaitu ispace gagal menjadi perusahaan swasta pertama yang mendaratkan wahana di Bulan.

ispace mengatakan, pihaknya melakukan komunikasi dengan pesawat tersebut dan menyebutnya "pendaratan keras".

Adapun Space One berharap menjadi perusahaan swasta pertama di Jepang yang menempatkan satelit ke orbit Bumi.

Rencananya, Kairos—dari kata Yunani kuno dengan arti “saat yang tepat”—akan melakukannya sekitar 51 menit setelah lepas landas pada Rabu (13/3/2024) pagi.

Peluncuran Kairos ditunda lima kali karena kekurangan suku cadang dan masalah-masalah lainnya, kali terakhir adalah pada Sabtu (9/3/2024).

Baca juga: Roket Blue Origin Milik Jeff Bezos Akan ke Luar Angkasa Lagi sejak Kecelakaan Tahun Lalu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com