Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Korban Tewas di Gaza 31.045 Orang, Hampir Menyamai Kapasitas Stadion Maguwo Sleman

Kompas.com - 10/03/2024, 16:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan pada Minggu (10/3/2024) bahwa setidaknya 31.045 orang telah tewas selama perang di Gaza lebih dari lima bulan ini.

Jumlah korban jiwa itu tentu sangat banyak. Atau jika diibaratkan hampir menyamai kapasitas stadion Maguwoharjo (PSS Sleman) yang berkapasitas sekitar 31.700 orang.

Dikutip dari AFP, jumlah korban terbaru ini mencakup 85 korban jiwa dalam 24 jam terakhir, kata sebuah pernyataan kementerian.

Kementerian itu juga menjelaskan bahwa 72.654 orang terluka di Gaza sejak perang dimulai pada 7 Oktober ketika kelompok Hamas menyerang Israel.

Baca juga: Pesawat Yordania Jatuhkan Bantuan ke Gaza, Parasut SC-15 Bisa Bawa 1 Ton Makanan

Perang Israel-Hamas ini masih terus berlangsung selama belum ada kesepakatan gencatan senjata di Palestina.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pendekatan dengan PM Israel Benjamin Netanyahu terhadap perang di Gaza lebih merugikan Israel daripada membantu Israel.

Hal itu diungkapkan Biden dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Sabtu, ketika ketidaksabaran pemimpin AS terhadap rekan Israelnya yang semakin terlihat.

Pasalnya, krisis kemanusiaan di Gaza semakin parah dan kubu sayap kiri Biden bergejolak. Maka, presiden AS tersebut melontarkan pernyataan yang kontradiktif mengenai pertanyaan tentang garis merah atas ancaman serangan Israel terhadap Rafah di Gaza selatan.

"Netanyahu memiliki hak untuk membela Israel, hak untuk terus mengejar Hamas. Tapi dia harus lebih memperhatikan hilangnya nyawa tak berdosa sebagai konsekuensi dari tindakan yang diambil," terang Joe Biden.

Baca juga: Ini Hasil Penyelidikan Awal Serangan Dekat Konvoi Bantuan di Gaza

"Dalam pandangan saya dia lebih merugikan Israel daripada membantu Israel," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com