Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Hancurkan 47 Drone Ukraina yang Diluncurkan Malam Hari

Kompas.com - 09/03/2024, 18:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia menyatakan bahwa pihaknya telah menghancurkan sedikitnya 47 drone Ukraina di wilayah perbatasannya pada Jumat (8/3/2024) malam.

Ukraina secara rutin meluncurkan drone ke Rusia selama serangan militer Rusia di Ukraina yang kini memasuki tahun ketiga.

Sistem pertahanan udara Rusia mampu menghalau drone Ukraina di wilayah Belgorod (satu drone), wilayah Kursk (dua drone), wilayah Volgograd (tiga drone) dan wilayah Rostov (41 drone).

Baca juga: Serangan Rusia di Kharkiv Tewaskan 2 Orang, Ukraina Balas dengan Drone

Hal itu diungkapkan tentara Rusia di media sosial. Di wilayah selatan itu adalah pusat bagi tentara Rusia untuk merencanakan operasi militernya di Ukraina.

Gubernur Rostov Vasily Golubev mengatakan di media sosial bahwa serangan pesawat tak berawak telah menghantam kota Taganrog, di Laut Azov dekat wilayah Ukraina yang diduduki Rusia.

Dia mengatakan seorang pekerja penyelamat terluka tetapi serangan itu tidak ada korban jiwa.

Pihak Rusia juga mengatakan bahwa Ukraina telah menargetkan pabrik penerbangan di Taganrog.

"Di Taganrog, kemungkinan besar, sasaran serangan adalah pabrik penerbangan Beriev," kata saluran Telegram Rybar, yang memiliki hubungan dekat dengan militer, dikutip dari AFP pada Sabtu (9/3/2024).

Pihak berwenang di wilayah Kursk, yang terletak lebih jauh ke utara dan juga berbatasan dengan Ukraina, mengatakan sebuah klinik telah rusak di kota utama Kursk.

Sementara itu Gubernur daerah Roman Starovoyt memposting video dirinya di luar poliklinik nomor 6 di Kursk yang bagian atas gedung tampak rusak.

"Untungnya, semua orang masih hidup," ujar Starovoyt, seraya menambahkan bahwa petugas medis telah mengevakuasi pasien dari rumah sakit terdekat.

Baca juga: Ukraina Jatuhkan 38 Drone Shahed Iran yang Diluncurkan Rusia

Kursk adalah kota berpenduduk sekitar 440.000 jiwa, sekitar 120 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com