Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Hancurkan 40 dari 45 Drone Rusia dalam Semalam

Kompas.com - 12/02/2024, 09:22 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

DNIPRO, KOMPAS.com - Angkatan Udara Ukraina pada Minggu (11/2/2024) pagi melaporkan, pihaknya menghancurkan 40 dari 45 drone yang diluncurkan Rusia dalam semalam.

Pengumuman ini keluar sehari setelah tujuh orang tewas dalam serangan Rusia yang menghantam pom bensin di kota terbesar kedua Ukraina yaitu Kharkiv.

“Semalam, penjajah meluncurkan 45 drone penyerang... Sebagai hasil dari kerja tempur, 40 Shahed (UAV) musuh dihancurkan,” kata AU Ukraina di aplikasi perpesanan Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Drone Rusia Serang Pom Bensin Ukraina di Kharkiv, 14 Rumah Terbakar

Gubernur wilayah Dnipro yakni Sergiy Lysak menyebutkan, puing-puing yang berjatuhan membuat pria berusia 39 tahun terluka ringan.

Sementara itu, otoritas di Ibu Kota Kyiv dan wilayah Cherkasy di Ukraina tengah mengatakan, sejauh ini tidak ada tanda-tanda kerusakan.

Namun, bom berpemandu udara menargetkan desa Vodyane di Kharkiv, menewaskan seorang wanita berusia 56 tahun, kata Gubernur Oleg Synegubov.

Baca juga:

Serangan drone Rusia pada Sabtu (10/2/2024) menghantam pom bensin di Kharkiv. BBM yang terciprat terbakar dan membakar sejumlah rumah.

Pelabuhan Odessa di Laut Hitam juga terkena dampaknya, begitu pula instalasi industri di Izmail dekat perbatasan Moldova.

Polisi di sisi perbatasan Moldova menemukan pecahan yang mereka yakini drone Shahed buatan Iran di luar Kota Etulia.

Baca juga: Drone Ukraina Serang Belgorod Lagi di Perbatasan Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com