Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Warga Irlandia Meninggal Usai Tertular Campak

Kompas.com - 08/02/2024, 12:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Sky News

DUBLIN, KOMPAS.com - Seorang dewasa meninggal di sebuah rumah sakit di Irlandia setelah tertular campak.

Menurut layanan kesehatan atau health service executive (HSE) Irlandia, kematian ini menjadi kasus campak pertama yang terkonfirmasi di Irlandia pada 2024.

Ada empat kasus campak yang dilaporkan di Irlandia pada 2023 dan dua kasus pada tahun 2022.

Baca juga: WHO: Vaksin Covid-19 Selamatkan 1,4 Juta Nyawa di Eropa

Meskipun tidak ada kasus yang dilaporkan pada 2021, namun ada lima kasus yang tercatat pada 2020, dan tidak ada kematian yang dilaporkan pada tahun-tahun tersebut.

Orang dewasa tersebut meninggal di sebuah rumah sakit di wilayah kesehatan Dublin dan Midlands.

"Tim kesehatan masyarakat HSE, bersama dengan tim manajemen insiden campak nasional (IMT) HSE, mengambil semua tindakan kesehatan masyarakat yang diperlukan sehubungan dengan kasus ini," kata HSE dalam sebuah pernyataan pada Rabu (7/2/2024), dikutip dari Sky News.

"HSE akan terus memberikan informasi kepada masyarakat mengenai tindakan lebih lanjut dan siapa pun yang khawatir tertular campak harus menghubungi dokter mereka," terangnya.

Hal ini terjadi setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan peningkatan kasus yang mengkhawatirkan di seluruh Eropa.

Pekan lalu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan wabah campak yang sedang berlangsung di West Midlands masih memprihatinkan.

Dikatakan bahwa ada 127 kasus penyakit campak dikonfirmasi di seluruh Inggris pada Januari.

Dengan 347 kasus campak yang dikonfirmasi laboratorium dilaporkan di Inggris sejak 1 Oktober tahun lalu. Sebagai perbandingan, hanya 53 kasus yang terkonfirmasi sepanjang 2022.

Dr. Vanessa Saliba, konsultan epidemiologi UKHSA, mengatakan bahwa cakupan vaksin MMR telah menurun selama dekade terakhir.

Dengan satu dari 10 anak yang mulai bersekolah di Inggris tidak terlindungi sehingga terdapat risiko nyata bahwa wabah ini dapat menyebar ke kota-kota lain.

Baca juga: Lebih dari 80 Anak Ohio Terinfeksi Wabah Campak, Sebagian Besar Tidak Divaksinasi

"Campak adalah penyakit yang buruk bagi sebagian besar anak-anak dan bagi sebagian anak bisa menjadi penyakit yang serius, namun penyakit ini sepenuhnya dapat dicegah," terangnya.

Terdapat 1.603 kasus dugaan campak di Inggris dan Wales pada 2023, menurut statistik UKHSA awal tahun ini.

Campak biasanya dimulai dengan gejala seperti pilek, diikuti ruam beberapa hari kemudian. NHS mengatakan beberapa orang mungkin juga mengalami bintik-bintik kecil di mulutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com