Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Inggris Tawarkan Rp 396 Juta bagi yang Lihat Tersangka Serangan Kimia Abdul Ezedi

Kompas.com - 05/02/2024, 10:43 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Sky News

CLAPHAM, KOMPAS.com - Polisi Inggris menawarkan imbalan sekitar 20.000 pounds (Rp 396 juta) bagi yang memiliki informasi tentang tersangka serangan kimia di Clapham, Abdul Ezedi.

Pada Minggu (4/2/2024) polisi mengatakan, zat alkali yang digunakan dalam serangan ini adalah natrium hidroksida cair atau natrium karbonat cair.

Penyidik meyakini ada pihak yang mengetahui lokasi Ezedi, tetapi belum melapor.

Baca juga: Pemenang Nobel Kimia Ternyata Gagal Ujian Kimia saat Kuliah

Mereka juga memperingatkan, siapa pun yang ketahuan menyembunyikan atau membantu Ezedi akan ditangkap. Pencarian kini memasuki hari kelima.

Polisi mendesak Ezedi (35) menyerahkan diri setelah kabur usai melakukan serangan dengan zat alkali korosif di Clapham, barat daya London, pada Rabu (31/1/2024).

Sebanyak 12 orang terluka, termasuk seorang ibu berusia 31 tahun dan dua putrinya yang masing-masing berumur tiga dan delapan tahun. Ketiganya masih dirawat di rumah sakit.

Kerabat tersangka mengatakan kepada Sky News, Ezedi dan ibu tersebut sedang menjalin hubungan.

Polisi merilis gambar dari CCTV yang menunjukkan Ezedi memiliki luka parah di sisi kanan wajahnya.

Polisi Metropolitan London terus menganalisis rekaman CCTV bersama banyak opsi penyelidikan lainnya untuk menemukan Ezedi.

Baca juga:

Mereka juga bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Pasukan Perbatasan Inggris, Visa dan Imigrasi Inggris, Badan Kejahatan Nasional, Polisi Transportasi Inggris, dan beberapa pasukan polisi lainnya.

Komandan Jon Savell berkata, “Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat atas banyaknya panggilan telepon yang kami terima."

"Jalur penyelidikan kami dikelola 24 jam setiap hari oleh detektif spesialis yang terus melakukan penyelidikan," lanjutnya.

Baca juga: Cerita Warga Terdampak Kecelakaan Kereta di Ohio, Bau Bahan Kimia Menyengat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com