Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Pemburu Utama Neo-Nazi Jerman Kini Dipantau sebagai Ekstremis

Kompas.com - 01/02/2024, 21:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

BERLIN, KOMPAS.com - Hans-Georg Maassen, yang hingga lima tahun lalu bertanggung jawab untuk melindungi Jerman dari ancaman kekerasan dan ekstremisme terhadap demokrasi, kini diawasi oleh badan keamanan yang dipimpinnya.

Hal ini diungkap seorang birokrat yang kini menjadi politisi.

Maassen diberhentikan sebagai kepala Kantor Perlindungan Konstitusi Jerman (BfV) pada 2018 setelah terlihat meremehkan ancaman kekerasan yang dilakukan oleh ekstremis sayap kanan. Pada saat itu, kelompok itu melakukan kerusuhan di sebuah kota di bagian timur Jerman.

Baca juga: Sejarah Kudeta Muenchen, Kegagalan Hitler yang Jadi Awal Kebangkitan Nazi

Sejak saat itu, pengacara tersebut dikenal karena komentarnya yang semakin radikal tentang ancaman yang ditimbulkan oleh imigrasi terhadap Jerman, dan menjadi pahlawan bagi para aktivis sayap kanan.

Ini termasuk beberapa orang di lingkaran sekitar Heinrich XIII Pangeran Reuss, bangsawan yang memimpin upaya kudeta yang gagal pada tahun 2022.

"Jerman jelas takut kepada saya," katanya di X, menambahkan bahwa negara tersebut menggunakan badan keamanan internal untuk memantaunya dan partai yang ia dirikan.

Dilansir dari Reuters, ditanya tentang pengawasan terhadap Maassen, BfV mengatakan bahwa hukum itu privasi berarti mereka tidak dapat mengomentari kasus-kasus individual.

Namun Maassen mempublikasikan di situs webnya sebuah surat dari BfV, yang dikirim sebagai tanggapan atas permintaan kebebasan informasi oleh pengacaranya, yang mengkonfirmasi bahwa dia banyak muncul dalam database mereka yang melacak para ekstremis.

Tichys Einblick, sebuah blog yang mendukungnya, mengutip pernyataannya: "Tuduhan itu tidak berdasar dan tidak dapat dibenarkan."

Bulan lalu, Maassen mengumumkan bahwa ia akan mendirikan sebuah partai, salah satu dari beberapa partai baru yang bertujuan untuk menjaring para pemilih yang menurut jajak pendapat semakin kecewa dengan partai-partai dominan di Jerman yang beraliran kiri dan kanan.

Karier Maassen pasca-BfV sebagai ikon sayap kanan telah membuat malu badan keamanan Jerman karena mereka harus bersaing dengan kelompok sayap kanan yang sedang berkembang yang mengambil keuntungan dari ekonomi yang lesu dan layanan publik yang memburuk.

Baca juga: Israel Tak Terima Dikritik Presiden Kolombia Seperti Nazi

Sebagai kepala BfV, ia merupakan pemburu utama neo-Nazi di Jerman. Dokumen-dokumen yang dirilis oleh BfV menunjukkan bahwa ia berulang kali dipuji oleh tokoh-tokoh sayap kanan.

"Ekstremis sayap kanan Bernhard Schraub, dalam sebuah surat kepada Heinrich XIII Pangeran Reuss, menggambarkan klien Anda sebagai seorang republikan terhormat," demikian bunyi contoh pertama dari BfV.

Baca juga: Krisis di Laut Merah Kini Ganggu Sektor Kimia Jerman

Hanya materi yang tidak diklasifikasikan yang dimuat dalam rilis kebebasan informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com