Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Negara yang Dukung Gugatan Genosida Afrika Selatan pada Israel

Kompas.com - 27/01/2024, 10:23 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KOMPAS.com - Mahkamah internasional pada Jumat (26/1/2024) secara resmi memerintahkan Israel untuk menyetop genosida terhadap warga Palestina.

Pengadilan dunia di Den Haag, Belanda tersebut juga memerintahkan Israel membantu warga sipil di Gaza Palestina. Israel, seperti yang Anda duga, tentu tidak menyetujui gencatan senjata. Malah semakin menggila menyerang membabi-buta. 

Diketahui, Afrika Selatan membawa kasus (genosida) ini ke Mahkamah Internasional (ICJ) awal Januari 2024.

Sejumlah negara mendukung Afrika Selatan untuk melanjutkan gugatannya terhadap Israel di ICJ. Respect. Berikut daftarnya.

Baca juga: Hamas Rilis Video 3 Sandera Israel yang Ditahan di Gaza Pasca Keputusan Mahkamah Internasional

Bolivia

Bolivia menyatakan dukungan atas gugatan Afrika Selatan terhadap Israel, menjadikannya sebagai negara Amerika Latin pertama yang mendukung kasus ICJ melawan Israel ini.

Malaysia

Kementerian Luar Negeri Malaysia menyambut baik upaya Afrika Selatan menagih tanggung jawab hukum Israel atas agresi di Gaza dan menegaskan seruannya untuk kemerdekaan Palestina.

Turkiye

Turkiye menyambut baik gugatan yang diajukan Republik Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional mengenai pelanggaran Israel terhadap Konvensi tentang Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida 1948.

Yordania

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi menegaskan negaranya mendukung gugatan Afrika Selatan ke Israel, bahkan mempersiapkan dokumen hukum yang dapat membantu gugatan Afrika Selatan.

Baca juga: Mahkamah Internasional: Israel Harus Izinkan Bantuan Masuk ke Gaza

Indonesia

Komnas HAM RI sempat menyatakan dukungan terhadap Afrika Selatan untuk menyeret Israel ke pengadilan. Ditambah pula dengan sikap luar biasa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang berani walk out saat rapat dengan Israel.

Baca juga: 20 Warga Palestina Tewas Saat Mengantre Bantuan Makanan di Gaza

Jangan lelah membicarakan Palestina!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com