Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-682 Serangan Rusia ke Ukraina: Demo Istri di Kremlin | Protes Petani Polandia

Kompas.com - 07/01/2024, 09:47 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-682 pada Sabtu (6/1/2024), ditandai dengan aksi unjuk rasa para istri dari pria Rusia yang dimobilisasi ke Ukraina.

Sementara itu, petani Polandia mengikuti jejak sopir truk berdemo atas persaingan yang menurut mereka tidak sehat dengan pelonggaran akses bagi perusahaan-perusahaan Ukraina dari Uni Eropa.

Berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini yang dapat Anda baca di bawah ini.

Baca juga: Ukraina Tunjukkan Foto Rudal Kinzhal Rusia yang Hancur Ditembak Rudal Patriot

1. Para istri pria Rusia demo di Kremlin

Sebanyak 15 istri dari pria-pria Rusia yang dimobilisasi ke Ukraina berdemo secara simbolis dengan meletakkan bunga di depan Kremlin pada Sabtu (6/1/2024).

Mereka menuntut suaminya dipulangkan dari garis depan, setelah kemarahan meningkat di kalangan kerabat atas mobilisasi parsial yang diperintahkan Presiden Rusia Vladimir Putin pada September 2022.

"Kami ingin menarik perhatian pihak berwenang dan masyarakat terhadap permohonan kami. Kami sudah mencoba beberapa cara. Kami mengajukan permohonan tertulis ke anggota parlemen, pejabat, pemerintah--tetapi tidak didengarkan," kata Maria (47) yang bekerja sebagai manajer penjualan, kepada wartawan AFP. Suaminya dimobilisasi pada November 2022.

Baca selengkapnya di sini.

2. Giliran petani Polandia protes ke Ukraina

Petani Polandia mengikuti jejak para sopir truk negara itu dengan melakukan demonstrasi terhadap Ukraina atas persaingan yang menurut mereka tidak sehat.

Pada Sabtu (6/1/2024), demo petani Polandia dihentikan setelah pengunjuk rasa menandatangani perjanjian dengan Pemerintah Polandia.

Adapun sopir truk Polandia masih melanjutkan blokade tiga titik perbatasan utama ke Ukraina. Mereka menentang pelonggaran akses Uni Eropa bagi perusahaan-perusahaan Ukraina.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Sopir Truk Polandia Akhiri Blokade di Pos Perbatasan Ukraina

3. Rusia akan buat 32.500 drone tiap tahun pada 2030

Rusia berambisi menjadi pemain utama dalam industri drone. Rencananya dapat memproduksi lebih dari 32.000 drone setiap tahun mulai 2030.

Menurut Wakil Perdana Menteri Rusia Andrei Belousov, tujuannya agar produsen dalam negeri dapat menguasai 70 persen pasar.

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Sabtu (6/1/2024), drone ini banyak digunakan oleh pasukan Moskwa dan Kyiv sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Baca selengkapnya di sini.

4. Rudal Rusia hantam Pokrovsk

Serangan rudal Rusia di Kota Pokrovsk, Ukraina timur, menewaskan setidaknya 11 orang termasuk lima anak-anak pada Sabtu (6/1/2024).

Kepala wilayah Donetsk--lokasi Pokrovsk berada--Vadim Filashkin mengatakan, delapan orang juga terluka akibat serangan dengan rudal S-300 itu.

“Serangan terbesar ditujukan ke Pokrovsk dan Rivne di permukiman Myrnograd,” kata Filashkin melalui aplikasi perpesanan Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com