Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Kota Shicheng yang Terendam di China, Sengaja Dibanjiri Air pada 1959

Kompas.com - 23/12/2023, 19:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Eksotisme kota di China yang terendam di bawah air dan merupakan peninggalan masa lalu kekaisaran negara tersebut kembali mencuat.

Kota Shicheng, di provinsi Zhejiang, sengaja dibanjiri air pada tahun 1959 untuk membangun bendungan pembangkit listrik tenaga air Xin'an dan terlupakan selama beberapa dekade.

Menurut National Geographic, tempat ini terletak 40 meter di bawah permukaan Danau Qiandao dan merupakan dunia yang membeku dalam waktu. National Geographic mengatakan bahwa hampir 300.000 orang direlokasi pada saat banjir.

Baca juga: UPDATE Gempa China: 148 Orang Tewas, 139.000 Masih Mengungsi

Ketertarikan dunia terhadap Shicheng muncul ketika kota ini ditemukan kembali pada tahun 2001 ketika pemerintah China mengirim ekspedisi untuk melihat apa yang tersisa dari kota berusia 600 tahun ini.

BBC mengatakan bahwa kota ini memiliki arsitektur batu yang berasal dari dinasti Ming dan Qing (yang berkuasa dari tahun 1368 hingga 1912).

Shicheng sering disebut sebagai "Kota Singa" karena letaknya yang dekat dengan Gunung Wu Shi (yang dalam bahasa Mandarin berarti "Gunung Lima Singa").

Pada tahun 2011, National Geographic menerbitkan beberapa foto yang belum pernah dilihat sebelumnya dari kota bawah laut ini, yang luasnya sekitar setengah kilometer persegi.

Foto-foto ini dan ekspedisi lainnya mengungkapkan bahwa kota ini memiliki lima gerbang masuk.

Jalan-jalannya yang lebar memiliki 265 gapura, yang menampilkan patung-patung singa, naga, burung phoenix, dan prasasti bersejarah yang diawetkan, beberapa di antaranya berasal dari tahun 1777.

Meskipun berada di bawah air, kota ini terawat dengan baik, itulah sebabnya kota ini juga disebut "Atlantis dari Timur".

Air sebenarnya melindunginya dari erosi angin, hujan dan matahari.

Baca juga: Mencoba Mencuri dari Penumpang Penerbangan Cambodia Airways, Pria Asal China Ditahan di Singapura

Saat ini, adalah mungkin untuk mengunjungi dunia tersembunyi tetapi ekspedisi hanya diperbolehkan untuk orang-orang yang memiliki pengalaman yang terbukti dalam menyelam, terutama di perairan dalam.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] RS Indonesia di Gaza Jadi Markas Israel | Kota Hantu Buatan China di Malaysia

Situs ini belum sepenuhnya dipetakan dan dengan demikian dianggap tidak aman bagi wisatawan yang tidak berpengalaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com