Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Slovakia: Perang Rusia-Ukraina Bisa sampai 2030

Kompas.com - 25/11/2023, 15:24 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PRAHA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Slovakia Robert Fico pada Jumat (24/11/2023) mengatakan, perang Rusia-Ukraina berisiko berlangsung sampai 2030 jika perundingan damai tak kunjung dimulai.

Tokoh sayap kiri populis ini memenangi pemilihan umum Slovakia pada September.

Dalam kampanyenya, dia berjanji menyetop bantuan militer yang diberikan kepada Ukraina oleh pemerintahan sebelumnya.

Baca juga: Ukraina: Rusia Serang Avdiivka dari Segala Arah

“Konflik ini sudah membeku, dan mungkin akan berlangsung sampai 2029 atau 2030,” kata Fico kepada wartawan di Praha setelah bertemu PM Ceko Petr Fiala, dikutip dari kantor berita AFP.

“Lebih baik memimpin pembicaraan selama sepuluh tahun dengan damai atau dengan operasi tempur yang ditangguhkan daripada berunding setelah sepuluh tahun tanpa hasil apa pun, dengan 500.000 atau 600.000 orang tewas,” tambahnya.

Kabinet tiga partai Fico yang terdiri dari menteri-menteri sayap kanan memblokir paket bantuan militer senilai 40,3 juta euro (Rp 685,18 miliar) ke Ukraina yang direncanakan pemerintahan sebelumnya.

Baca juga:

Republik Ceko dan Slovakia sama-sama menerima ribuan pengungsi dari perang Ukraina, tetapi kini berbeda pendapat mengenai kelanjutan bantuan militer.

“Saya yakin ini masih masuk akal karena Ukraina membutuhkan bantuan kami untuk perjuangannya yang berani,” kata PM Ceko Petr Fiala.

Adapun Fico menegaskan, meski Slovakia tak akan memberikan bantuan militer lebih lanjut kepada Ukraina, negaranya tidak akan keberatan jika negara lain menawarkannya.

“Kalau Republik Ceko atau negara lain di dunia atau Eropa memutuskan memberikan bantuan militer kepada Ukraina, kami tidak akan mengecam siapa pun.”

Baca juga: Bocah Ukraina Berusia 11 Tahun Menempuh Perjalanan Solo Sejauh 1.000 Km ke Slovakia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com