Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slovakia Setuju Penempatan 2.100 Tentara NATO di Wilayah Perbatasan dengan Ukraina

Kompas.com - 16/03/2022, 08:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,

BRATISLAVA, KOMPAS.com - Parlemen Slovakia pada Selasa (15/3/2022), menyetujui pengerahan hingga 2.100 tentara NATO di negara itu setelah Rusia menginvasi negara tetangga Ukraina.

Menteri Pertahanan Slovakian Jaroslav Nad pada Senin (14/3/2022), mengatakan pasukan itu awalnya akan berjumlah sekitar 1.200 tentara dari Republik Ceko, Jerman, Belanda, Amerika Serikat (AS), Polandia dan Slovenia sebagai bagian dari "peningkatan kehadiran ke depan" NATO dan akan mencakup sistem pertahanan udara Patriot.

Baca juga: Slovakia Mendakwa 2 Orang Mata-mata untuk Rusia

"Seperti, dalam waktu dekat, kami menduga adanya serangan militer langsung oleh Federasi Rusia terhadap bandara Uzhhorod (di Ukraina) di dekat perbatasan Slovakia, ini tentu saja memiliki implikasi militer," kata Nad, seperti dikutip oleh Kantor Berita Slovakia, TASR.

Dilansir dari AFP, Pemerintah Slovakia telah menyetujui penempatan tentara NATO pada 9 Maret.

Sebanyak 96 dari 134 anggota parlemen yang hadir memberikan suara mendukung langkah tersebut pada Selasa kemarin, sementara 15 memilih menentang.

Pemungutan suara dilakukan hanya dua hari menjelang kunjungan pertama Menteri Pertahanan AS ke negara itu sejak bergabung dengan NATO pada 2004.

Sementara itu, Kepolisian Slovakia, menyampaikan 200.000 warga Ukraina telah menyeberang ke Slovakia sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februasi.

Baca juga: PBB: Sudah 3 Juta Lebih Warga Ukraina Melarikan Diri ke Luar Negeri, Setengahnya Anak-anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com