Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-618 Serangan Rusia ke Ukraina: Kharkiv Dibombardir Drone | Jalan Buntu Konflik Rusia-Ukraina

Kompas.com - 04/11/2023, 08:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Bombardir di Kharkiv mengawali rangkuman informasi dari konflik panjang Rusia-Ukraina.

Berikut rangkuman hari ke-618 serangan Rusia ke Ukraina Jumat (3/11/2023), dilansir dari Guardian.

Baca juga: Rumor Kematian Palsu Putin, Cara Rusia Ukur Reaksi Publik

- Rusia melancarkan serangan pesawat tak berawak terbesarnya ke Ukraina pada Jumat dini hari, menghantam infrastruktur penting di bagian barat dan selatan Ukraina serta menghancurkan rumah-rumah pribadi dan gedung-gedung komersial di Kharkiv.

- Angkatan udara Ukraina mengatakan bahwa drone terbaru diluncurkan dalam beberapa gelombang dan terbang ke berbagai wilayah dalam kelompok-kelompok kecil. Peringatan udara di beberapa wilayah berlangsung selama beberapa jam pada malam hari. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, namun gubernur Lviv, mengatakan sebuah fasilitas infrastruktur telah dihantam lima kali selama serangan di wilayahnya.

- Para pejabat mengatakan Ukraina bersiap-siap menghadapi musim dingin kedua serangan udara Rusia terhadap sistem energi, yang mereka peringatkan lebih rentan dibandingkan tahun lalu karena memiliki lebih sedikit kapasitas berlebih dan sedikit peralatan cadangan.

- Di Rusia, juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova telah menepis putaran terbaru sanksi AS terhadap Rusia. Pemerintahan Biden menambahkan selusin perusahaan Rusia ke dalam daftar hitam perdagangan, dan mengumumkan tindakan keras terhadap penghindaran sanksi di UEA, Turkiye, dan China.

- Presiden Vladimir Putin menandatangani sebuah undang-undang yang menarik ratifikasi Rusia atas perjanjian global yang melarang uji coba senjata nuklir. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengkritik Rusia karena keluar dari Perjanjian Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif dan meminta Moskwa untuk berkomitmen untuk tidak melakukan uji coba.

- Annalena Baerbock, menteri luar negeri Jerman, mengatakan bahwa ia yakin bahwa Uni Eropa bulan depan akan memajukan upaya Ukraina untuk bergabung dengan blok tersebut pada sebuah pertemuan yang dipandang sebagai tonggak penting dalam upaya Kyiv untuk berintegrasi dengan barat.

- Rusia menolak komentar dari pejabat militer paling senior di Ukraina bahwa konflik yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini telah mencapai jalan buntu. "Tidak, ini belum mencapai jalan buntu," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. "Rusia terus melakukan operasi militer khusus. Semua tujuan yang telah ditetapkan harus dipenuhi," tambahnya.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Dugaan Kiriman Senjata Korut | Rusia Penjarakan Tentara Ukraina Seumur Hidup

- Peskov menanggapi sebuah wawancara di media Inggris dengan panglima angkatan bersenjata Ukraina, Jenderal Valery Zaluzhny, yang mengatakan bahwa perang di Ukraina menemui jalan buntu dan kemungkinan besar tidak akan ada terobosan dalam waktu dekat dalam serangan balasan terhadap Rusia.

- Mike Johnson, Ketua DPR AS dari Partai Republik, mengatakan bahwa RUU yang menggabungkan bantuan Ukraina dengan keamanan perbatasan AS akan dibahas berikutnya, setelah pemungutan suara pada tindakan bantuan Israel yang berdiri sendiri.

Baca juga: Rusia Penjarakan Tentara Ukraina Seumur Hidup

- Para pengemudi truk Polandia akan memblokir beberapa penyeberangan perbatasan dengan Ukraina mulai minggu depan sebagai protes atas apa yang mereka katakan sebagai kebebasan para pengangkut barang dari Ukraina di Polandia yang merugikan bisnis mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com