Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Penembakan di Mal Bangkok dan Identitas Remaja Pelaku

Kompas.com - 04/10/2023, 09:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com – Polisi Thailand telah menangkap pelaku penambakan di mal Bangkok pada Selasa (3/10/2023) sore waktu setempat.

Pelaku adalah seorang remaja laki-laki berusia 14 tahun yang melepaskan tembakan di dalam mal Siam Paragon Bangkok.

Penembakan itu menewaskan dua orang warga negara asing dan melukai lima orang lainnya, dua di antaranya dalam kondisi kritis.

Baca juga: Tersangka Penembakan Siam Paragon Bangkok Berusia 14 Tahun

Kepala Polisi Nasional Thailand Pol Jenderal Torsak Sukvimol, mengatakan remaja tersebut telah dibawa ke Kantor Polisi Pathumwan untuk diinterogasi. Namun, dia dalam kondisi bingung.

Kepada polisi, remaja itu mengaku mendengat suara-suara yang menyuruhnya untuk menembak orang-orang.

Sebagaimana dikutip dari Bangkok Post, Torsak menyampaikan, anak laki-laki itu pernah menerima perawatan karena masalah kesehatan mental di Rumah Sakit Rajavithi. Tetapi, dia tidak ingin membahas rincian lebih lanjut mengenai hal itu karena tersangka masih di bawah umur.

Korban penembakan

Kepala Polisi mengonfirmasi dua orang tewas dalam insiden tersebut. Laporan sebelumnya menyebutkan jumlah korban tewas ada sebanyak tiga orang.

Korban tewas pertama adalah seorang perempuan China berusia 34 tahun yang meninggal di lantasi dasar mal. Korban lainnya adalah seorang perempuan asal Myanmar yang meninggal karena luka-lukanya di Rumah Sakit Umum Kepolisian.

Baca juga: UPDATE Penembakan di Siam Paragon Bangkok: 3 Tewas, Penembak Ditangkap

Tiga orang yang terluka dikirim ke Rumah Sakit King Chulalongkorn Memorial.
Seorang perempuan tertembak di kepala dan kondisinya termasuk kritis. Sedangkan, dua orang lainnya, yakni seorang pria Thailand dan seorang perempuan China dalam kondisi stabil.

Sementara, seorang perempuan asal Laos berusia 28 tahun dibawa ke RS Kristen Bangkok. Dia dilaporkan dalam kondisi kritis setelah peluru mengenai ketiaknya dan menembus bahunya.

Seorang perempuan Thailand yang terluka di bahu kiri dan dibawa ke RS Umum kepolisian dinyatakan bebas dari bahaya.

Kronologi penembakan di mal Bangkok

Bangkok Post melaporkan, drama maut ini berlansung kurang dari 90 menit sejak remaja tersebut memasuki mal hingga saat ia menyerah tanpa perlawanan.

Menurut kronologi yang diberikan polisi, penembak memasuki mal Siam Paragon melalui BTS Link 2 pada pukul 15.35 waktu Bangkok.

Video keamanan menunjukkan dia membawa tas bahu saat dia berjalan ke lantai M lima menit kemudian dan lalu masuk ke kamar kecil.

Video dan foto yang diposting di media sosial menunjukkan seorang pria Thailand berambut panjang yang mengenakan kemeja hitam dan celana kamuflase, mengenakan topi baseball berbendera Amerika, dan membawa pistol.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com