Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tangkis Serangan Udara Ukraina di Sevastopol Crimea

Kompas.com - 21/09/2023, 10:49 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SEVASTOPOL, KOMPAS.com - Rusia pada Rabu (20/9/2023) menangkis serangan udara Ukraina yang menargetkan Crimea, semenanjung di Laut Hitam yang dicaplok Moskwa tahun 2014.

Crimea kerap ditargetkan Ukraina sejak invasi Rusia tahun lalu. Kota terbesarnya di Sevastopol yang memiliki pelabuhan militer juga menjadi sasaran.

“Pertahanan udara kami berhasil menghalau serangan rudal terhadap Sevastopol,” kata Gubernur Crimea yang ditunjuk Rusia, Mikhail Razvozhayev, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Ukraina Terkini: Rusia Jatuhkan Drone di Moskwa dan Crimea

Otoritas setempat kini sedang memastikan tingkat kerusakan atau apakah ada korban.

Razvozhayev menambahkan, kota itu sudah tenang setelah serangan berlalu.

Sebelumnya dia mengatakan, sistem pertahanan udara menjatuhkan beberapa drone dan puing-puing berjatuhan di Verkhnosadove serta Kacha, pinggiran Sevastopol, tanpa menimbulkan korban jiwa.

Baca juga:

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berjanji merebut kembali Crimea, dan Menteri Pertahanan Ukraina yang baru berasal dari wilayah tersebut.

Pekan lalu, Kyiv mengeklaim merusak dua kapal Angkatan Laut militer Rusia yang sedang diperbaiki, dalam serangan rudal di galangan kapal Sevastopol.

Pada Hari Kemerdekaan Ukraina tanggal 24 Agustus, Kyiv mengatakan bahwa pihaknya mengibarkan bendera negara di Crimea dalam operasi khusus.

Baca juga: Ukraina Tunjuk Menteri Pertahanan Baru, Rustem Umerov dari Tatar Crimea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com