Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Akan Perbarui iPhone 12 di Perancis terkait Isu Radiasi Berlebih

Kompas.com - 16/09/2023, 10:49 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Apple pada Jumat (15/9/2023) akan memperbarui iPhone 12 di Perancis setelah ada komplain dari regulator bahwa perangkat tersebut memancarkan radiasi elektromagnetik di atas batas.

Badan pengatur frekuensi radio Perancis (ANFR) pada Selasa (12/9/2023) memerintahkan Apple menghentikan sementara penjualan iPhone 12--yang dirilis pada 2020--di Perancis karena isu tersebut.

“Apple meyakinkan saya bahwa mereka akan menerapkan pembaruan untuk iPhone 12 dalam beberapa hari ke depan,” kata Menteri Digital Perancis Jean-Noel Barrot kepada kantor berita AFP.

Baca juga: Perancis Tahan Penjualan iPhone 12 karena Radiasi Berlebih

Baik Apple maupun Barrot menegaskan, tidak ada bahaya radiasi terhadap kesehatan masyarakat.

“Hal ini terkait protokol pengujian khusus yang digunakan oleh regulator Perancis dan bukan masalah keamanan,” kata Apple seraya menambahkan, iPhone 12 mematuhi peraturan emisi di seluruh dunia.

Raksasa teknologi AS itu diberi waktu dua minggu untuk memperbarui iPhone 12, yang mendekati akhir era sebagai produk lini depan Apple.

Barrot melanjutkan, ANFR akan segera menilai pembaruan dan memutuskan apakah akan mencabut larangan penjualan iPhone 12.

Baca juga:

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan, beberapa penelitian di lapangan tidak menemukan dampak buruk penggunaan ponsel terhadap kesehatan manusia, dan tak ada penyakit khusus yang terkait dengan radiasinya.

Namun, paparan radiasi elektromagnetik lebih dari 40 watt per kilogram (W/kg) memang meningkatkan suhu tubuh.

Peraturan Eropa hanya mengizinkan radiasi 4 W/kg untuk ponsel dan iPhone 12 melampauinya sebesar 1,7 W/kg.

Baca juga: iPhone Generasi Pertama Terjual 380 Kali Lipat dari Harga Aslinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com