Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donald Trump Didakwa Terkait Upaya Batalkan Hasil Pilpres AS 2020

Kompas.com - 02/08/2023, 06:50 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Donald Trump didakwa terkait upaya untuk membatalkan hasil pemilihan presiden AS 2020 pada Selasa (1/8/2023) sore waktu setempat.

Ini tampaknya menjadi ancaman hukum paling serius bagi mantan presiden AS yang sedang berkampanye untuk kembali ke Gedung Putih tersebut.

Trump didakwa dengan tiga tuduhan konspirasi dan satu tuduhan obstruksi dalam dakwaan setebal 45 halaman yang diajukan oleh penasihat khusus Jack Smith.

Baca juga: Trump Kembali Remehkan Dakwaan Terhadapnya

Dakwaan ini datang menyusul penyelidikan yang telah berlangsung lama, setelah mendengar kesaksian sejumlah pihak.

Trump adalah calon terdepan untuk nominasi presiden dari Partai Republik tahun 2024.

Dia dituduh melakukan konspirasi untuk menipu Amerika Serikat dan berkonspirasi untuk menghalangi proses resmi, yakni sidang gabungan Kongres pada 6 Januari 2021 yang diadakan untuk mengesahkan kemenangan Joe Biden dari Partai Demokrat dalm Pilpres 2020.

"Tujuan konspirasi itu adalah untuk membatalkan hasil pemilihan presiden yang sah pada tahun 2020 dengan menggunakan klaim kecurangan pemilu yang disengaja," demikian isi surat dakwaan tersebut, dikutip dari AFP.

Sama seperti dakwaan sebelumnya terhadap Trump, dia diperkirakan akan hadir di pengadilan dalam beberapa hari mendatang dan menghadapi persidangan dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Trump Terdengar Bicarakan Dokumen Rahasia dalam Rekaman Suara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com