Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nekat Coreti Konsulat AS dengan Grafiti Anti-AS, Pria Hong Kong Ditangkap

Kompas.com - 13/06/2023, 14:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

HONG KONG, KOMPAS.com - Polisi Hong Kong pada Selasa (13/6/2023) menangkap seorang pria yang menyemprotkan cat grafiti anti-Amerika di dinding dan gerbang konsulat AS di kota itu.

Cuplikan dari Broadcaster Now TV menunjukkan kata "hegemoni" dalam bahasa Inggris dan kata "standar ganda" dalam karakter China yang disederhanakan, ditulis di tembok.

Insiden itu terjadi ketika ketegangan tinggi antara China dan Amerika Serikat mengenai berbagai masalah termasuk Taiwan dan sengketa wilayah di Laut China Selatan.

Baca juga: Kepala Keamanan Hong Kong Kritik Wall Street Journal

Dilansir dari Reuters, China sering menuduh Amerika Serikat mengejar hegemoni dan mengadopsi standar ganda atas isu-isu seperti hak asasi manusia dan Taiwan yang diatur secara demokratis, yang diklaim China sebagai wilayahnya.

Konsulat AS di bekas jajahan Inggris yang dikuasai China itu tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menangkap seorang pria di alamat konsulat tetapi tidak menanggapi permintaan komentar lebih lanjut.

Now TV mengatakan tersangka, yang ditahan karena dicurigai melakukan perusakan kriminal, adalah seorang pria berusia 47 tahun dengan izin dua arah ke daratan China, yang biasanya diberikan kepada warga negara China.

Kata-kata itu dicat putih di bawah tanda konsulat AS dan di bawah segel Departemen Luar Negeri AS di gerbang utama berwarna hitam.

Baca juga: Alasan Film Winnie The Pooh Ditarik dari Bioskop Hong Kong Masih Dipertanyakan

Penjaga menutupi tulisan itu dengan lembaran plastik hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com