Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatirkan Ekonomi, Tingkat Kunjungan Anak Muda China ke Kuil Naik Drastis

Kompas.com - 11/06/2023, 10:56 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

BEIJING, KOMPAS.com - Pembukaan kembali China pasca-Covid-19 seharusnya menjadi stimulan yang dibutuhkan dunia.

Namun setelah ledakan awal aktivitas, pertumbuhan ekonomi terbesar kedua dunia itu tampaknya terhenti.

Kecewa dengan prospek ekonomi yang memburuk, tampak anak-anak muda membanjiri kuil Buddha dan Tao untuk berdoa memohon campur tangan ilahi dalam mengamankan pekerjaan, masuk ke sekolah yang bagus, atau menjadi kaya dalam semalam.

Baca juga: Benarkah China Memata-matai AS dari Kuba dan Bangun Fasilitas Intelijen?

Dilansir dari CNN, data yang dirilis minggu ini menunjukkan ekspor China turun 7,5 persen pada Mei dari tahun lalu, lebih dari yang diharapkan, karena permintaan global berkurang.

Aktivitas pabrik berkontraksi lagi bulan lalu, dan pengangguran kaum muda mencapai rekor tertinggi.

Ketidakpastian ekonomi telah mendorong kunjungan ke kuil dan pariwisata ke level baru, menurut analis dan situs web perjalanan.

“Tidak bersekolah, tidak bekerja keras, hanya membakar dupa” telah menjadi slogan populer di media sosial sejak Maret, mengacu pada tren yang berkembang di kalangan anak muda di China yang melarikan diri dari masyarakat dengan pergi ke kuil untuk berdoa, memohon keberuntungan.

"Pemuda yang membakar dupa" telah menjadi slogan nomor satu dalam industri pariwisata China tahun ini, menurut sebuah survei yang dilakukan bersama pada bulan April oleh Qunar.com, sebuah situs web perjalanan, dan Xiaohongshu, sebuah aplikasi mirip Instagram, yang berada di posisi teratas tren perjalanan.

Tingkat pengangguran untuk orang berusia antara 16 dan 24 tahun mencapai rekor 20,4 persen pada bulan April, menurut statistik resmi.

Tingkat pengangguran kaum muda bisa menjadi lebih buruk karena rekor 11,6 juta mahasiswa memasuki pasar kerja yang sudah sulit musim panas ini, seperti yang diperkirakan kementerian pendidikan awal tahun ini.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Paus Fransiskus Bercanda Usai Operasi | China Mengebor Lubang Terdalam di Dunia

Kuil yang berbeda cenderung menarik jenis pemuja yang berbeda.

Kuil Yonghe di Beijing, juga dikenal sebagai Kuil Lama, yang melayani kepercayaan Buddha Tibet, adalah situs populer bagi mereka yang mencari karier atau kesuksesan finansial.

Kuil mencatat peningkatan pengunjung terbesar dari kuil mana pun di negara itu pada Maret dan awal April, naik 530 persen dari periode yang sama tahun lalu, menurut Qunar.

China secara resmi adalah negara ateis, tetapi mengakui lima agama: Buddha, Taoisme, Protestan, Katolik, dan Islam.

Dua agama pertama adalah bagian penting dari budaya Tionghoa, dengan puluhan ribu kuil dan biara di seluruh negeri.

Kunjungan ke kuil telah melonjak tahun ini lebih dari empat kali lipat dari tahun lalu, menurut data terbaru dari Qunar dan Trip.com, situs perjalanan lainnya.

Baca juga: Film Little Mermaid di China Direspons Buruk, Dianggap Paksakan Minoritas

Sekitar setengah dari pengunjung adalah orang berusia 20-an dan 30-an, menurut situs tersebut.

“Di bawah tekanan tentang sekolah, pekerjaan, pernikahan dan hubungan, semakin banyak anak muda yang beralih ke budaya tradisional, seperti doa dan pemberkatan di kuil, untuk menghilangkan stres,” kata Yang Yan, seorang analis dari perusahaan pialang China Nanjing Securities.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com