Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Mendadak PM Kanada ke Kyiv, Bawa Bantuan 500 Juta Dollar AS

Kompas.com - 11/06/2023, 09:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan bantuan militer baru sebesar 500 juta dollar AS untuk Ukraina selama perjalanan mendadak ke Kyiv pada pada hari Sabtu (10/6/2023).

Bantuan diberikan saat Ukraina bersiap untuk melakukan serangan balasan terhadap pasukan Rusia dan fokus dengan serangan udara reguler.

Trudeau memberikan penghormatan pada peringatan tentara Ukraina yang tewas melawan pasukan pro-Rusia sejak 2014, bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan berpidato di depan parlemen Ukraina.

Baca juga: Luas Kebakaran Hutan di Kanada Sudah Lampaui Sepertiga Pulau Jawa

"Kami akan berada di sana bersama (Anda) sebanyak yang dibutuhkan, selama yang dibutuhkan," katanya, dalam cuplikan pembicaraan yang dirilis oleh otoritas Kyiv, saat dia duduk di hadapan pemimpin Ukraina itu, dilansir dari Reuters.

Anggota NATO Kanada, yang memiliki salah satu diaspora Ukraina terbesar di dunia, telah memberikan bantuan militer dan keuangan ke Kyiv sejak Rusia menginvasi pada Februari 2022.

Ukraina ingin bergabung dengan aliansi militer NATO secepat mungkin, tetapi Zelensky menyadari bahwa hal itu tidak dapat terjadi saat perang dengan Rusia sedang berkecamuk.

“Kanada mendukung Ukraina untuk menjadi anggota NATO segera setelah kondisi memungkinkan. Ukraina dan Kanada berharap untuk mengatasi masalah ini pada KTT NATO di Vilnius pada Juli 2023,” kata deklarasi bersama yang diadopsi setelah pembicaraan.

Trudeau mendapat tepuk tangan panjang ketika dia berbicara di parlemen selama 25 menit, mencela invasi Rusia dan memuji perkembangan demokrasi Ukraina.

Dia mengatakan perlawanan Ukraina adalah tentang masa depan bersam.

"Anda adalah ujung tombak yang menentukan masa depan abad ke-21," tambahnya.

Baca juga: Kabut Asap di AS dan Kanada Bisa Bertahan hingga Akhir Pekan

Zelensky mengatakan Ukraina berterima kasih kepada warga Kanada atas dukungan dan ucapan terima kasih mereka.

Ketika Trudeau mengunjungi Kyiv, Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengumumkan bahwa sebuah pesawat kargo Antonov-124 terdaftar Rusia disita di bandara Toronto, penyitaan aset pertama di Ottawa yang bertujuan untuk menekan Moskwa.

Baca juga: Asap Kebakaran Hutan Kanada Picu Peringatan Kesehatan di New York dan Ottawa

Perdana Menteri Kanada didampingi oleh Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland dan seorang pembicara Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com