Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Pertanyakan Logika Tuduhan Pemerkosaan

Kompas.com - 04/05/2023, 11:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Mantan presiden AS Donald Trump menyebut klaim seorang penulis bahwa dia memperkosanya di sebuah department store Manhattan sebagai cerita yang paling konyol dan menjijikkan.

Trump bersaksi dalam deposisi yang diperlihatkan di pengadilan Kamis (4/5/2023) bahwa tuduhan itu dibuat-buat dan bahwa penyerangan itu tidak pernah terjadi.

Pengacara penuduh dari E Jean Carroll memainkan sekitar 30 menit kutipan dari deposisi mantan presiden, termasuk penolakan tegasnya terhadap tuduhan kolumnis nasihat lama bahwa dia menyerangnya pada pertengahan 1990-an di ruang ganti Bergdorf Goodman.

Baca juga: Saksi Baru Kasus Pemerkosaan Trump Ungkap Detail Mengejutkan

"Jika itu benar-benar terjadi, kejadian itu akan dilaporkan dalam beberapa menit," kata Trump, berpendapat bahwa pembeli dan personel di toko yang sangat sibuk itu akan mendengar keributan dan memberi tahu pihak berwenang.

“Ini adalah cerita yang paling konyol dan menjijikkan. Itu hanya dibuat-buat,” kata Trump dalam deposisi video yang diambil pada bulan Oktober lalu, seperti dilansir dari Associated Press.

Dalam perkembangan lain hari Rabu (3/5/2023) pengacara Trump mengatakan mereka tidak akan memanggil saksi.

Hal ini meningkatkan kemungkinan persidangan yang diawasi ketat akan beralih ke argumen penutup dan pertimbangan minggu depan.

Pengacara Trump, yang belum menghadiri persidangan, mengatakan dia tidak akan bersaksi, memberi bobot lebih pada deposisi.

Juri di pengadilan federal di Manhattan diharapkan mendengar lebih banyak deposisi Trump pada hari Kamis, diikuti oleh tiga saksi lagi yang dipanggil ke mimbar oleh pengacara Carroll.

Trump membantah pernah mengenal Carroll, mengatakan bahwa dia bukan tipenya dan berpendapat bahwa klaimnya adalah upaya bermotivasi politik untuk mencoreng reputasinya dan menolaknya dari Gedung Putih.

Baca juga: Kolumnis Wanita AS Beberkan Kronologi Pemerkosaan Trump

Penyangkalan deposisi Trump menandai hari emosional di pengadilan yang melihat lebih banyak tuduhan perilaku yang tidak pantas dengan wanita.

Ada pula pemutaran video "Access Hollywood" yang terkenal di mana Trump membual tentang memegang alat kelamin wanita tanpa meminta izin.

Natasha Stoynoff, mantan penulis majalah People, bersaksi dengan berlinangan air mata bahwa Trump secara paksa menciumnya di luar keinginannya sambil mengajaknya berkeliling perkebunan Mar-a-Lago.

Baca juga: Wanita Ini Mengaku Diperkosa Trump Hampir 30 Tahun yang Lalu

Hal ini terjadi tepat setelah Natal tahun 2005, saat dia menulis sebuah artikel tentang ulang tahun pernikahan pertamanya dan istrinya Melania.

Sebelum persidangan, pengacara Trump tidak berhasil menghalangi juri untuk melihat video "Access Hollywood" dan mendengar dari Stoynoff.

Baca juga: Trump Ungkap Pendapatannya Usai Lengser dari Jabatan Presiden AS

Wanita itu mengatakan dia hanya memberi tahu beberapa orang tentang insiden yang dituduhkan pada saat itu, tetapi memutuskan untuk mengumumkannya setelah melihat rekaman dan penyangkalan Trump selanjutnya pada debat tahun 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com