Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-404 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Jamin Tentara Hidup Layak, Wagner Klaim Rebut Bakhmut

Kompas.com - 04/04/2023, 05:42 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

 

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada berapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-404 pada Senin (3/4/2023).

Ini termasuk, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani sebuah dekrit yang menciptakan dana khusus untuk mendukung tentara yang berperang di Ukraina dan keluarga mereka.

Sementara itu, tentara bayaran Rusia yaitu Grup Wagner mengeklaim telah merebut Kota Bakhmut di Ukraina timur secara hukum.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-403 Serangan Rusia ke Ukraina: AS Tuntut Pembebasan Jurnalis Wall Street Journal, Blogger Perang Pro-Moskwa Tewas

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-404 yang dapat Anda simak:

Rusia jamin tak salah gunakan posisi kepresidenan Dewan Keamanan PBB

Rusia mencoba membela diri setelah menerima rentetan kritik atas kepresidenannya di Dewan Keamanan PBB untuk bulan April.

Pada Senin, Rusia bersikeras tidak akan menyalahgunakan posisinya untuk mempertahankan invasinya ke Ukraina.

"Kami tidak menyalahgunakan hak prerogatif kepresidenan," kata Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia dalam konferensi pers, dikutip dari AFP.

Wartawan AS mengajukan banding atas penahanan Rusia

Wartawan AS Evan Gershkovich, yang ditangkap di Rusia pekan lalu karena dituduh sebagai mata-mata, mengajukan banding atas penahanannya. Hal ini diungkap oleh pengadilan Moskwa pada Senin.

Pria berusia 31 tahun itu diyakini menjadi jurnalis asing pertama yang ditangkap atas tuduhan mata-mata sejak runtuhnya Uni Soviet.

Penangkapannya telah memicu kemarahan dari Barat dan dipandang sebagai eskalasi serius dari tindakan keras Rusia terhadap media.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-402 Serangan Rusia ke Ukraina: Tuan Rumah DK PBB | Pesanan ke Polandia

Rusia tuding ledakan bom di St Petersburg diatur oleh Ukraina 

Rusia pada Senin menahan seorang perempuan muda bernama Darya Trepova setelah sebuah ledakan bom menewaskan seorang blogger perang pro-Rusia bernama Vladlen Tatarsky dan melukai puluhan orang lainnya.

Rusia mengeklaim serangan bom pada hari Minggu (2/4/2023) itu diatur oleh Ukraina dengan bantuan pendukung kritikus Kremlin yang dipenjara Alexei Navalny.

Komite Investigasi Rusia dan Komite Anti-terorisme Nasional Rusia sama-sama mengatakan aktivis pro-Navalny berada di balik serangan terbaru.

Komite Investigasi Rusia telah merilis video penangkapan Darya Trepova yang berusia 26 tahun.

Komite Investigasi menyebut Darya Trepova memegang pandangan oposisi dan merupakan pendukung Yayasan Anti-Korupsi, mengacu pada organisasi terlarang Navalny.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-401 Serangan Rusia ke Ukraina: Peringatan Perebutan Bucha, 6 Rudal Hantam Kharkiv

Putin beri penghargaan blogger perang pro-Rusia yang tewas dalam pengeboman

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin secara anumerta menganugerahkan penghargaan kepada blogger perang pro-Rusia yang tewas dalam ledakan bom di sebuah kafe di St Petersburg.

"Vladlen Tatarsky, yang bernama asli Maxim Fomin, telah diberi Order of Courage atas keberanian yang ditunjukkan selama menjalankan tugas profesional," kata sebuah dekrit Kremlin.

Finlandia jadi anggota NATO ke-31 pada Selasa ini

Finlandia pada Senin diumumkan akan secara resmi menjadi anggota NATO ke-31 per Selasa (4/4/2023) ini.

Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg, mengatakan bendera Finlandia akan dikibarkan di luar markas NATO pada Selasa, saat menjadi anggota terbaru aliansi Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com