Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-404 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Jamin Tentara Hidup Layak, Wagner Klaim Rebut Bakhmut

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada berapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-404 pada Senin (3/4/2023).

Ini termasuk, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani sebuah dekrit yang menciptakan dana khusus untuk mendukung tentara yang berperang di Ukraina dan keluarga mereka.

Sementara itu, tentara bayaran Rusia yaitu Grup Wagner mengeklaim telah merebut Kota Bakhmut di Ukraina timur secara hukum.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-404 yang dapat Anda simak:

Rusia jamin tak salah gunakan posisi kepresidenan Dewan Keamanan PBB

Rusia mencoba membela diri setelah menerima rentetan kritik atas kepresidenannya di Dewan Keamanan PBB untuk bulan April.

Pada Senin, Rusia bersikeras tidak akan menyalahgunakan posisinya untuk mempertahankan invasinya ke Ukraina.

"Kami tidak menyalahgunakan hak prerogatif kepresidenan," kata Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia dalam konferensi pers, dikutip dari AFP.

Wartawan AS mengajukan banding atas penahanan Rusia

Wartawan AS Evan Gershkovich, yang ditangkap di Rusia pekan lalu karena dituduh sebagai mata-mata, mengajukan banding atas penahanannya. Hal ini diungkap oleh pengadilan Moskwa pada Senin.

Pria berusia 31 tahun itu diyakini menjadi jurnalis asing pertama yang ditangkap atas tuduhan mata-mata sejak runtuhnya Uni Soviet.

Penangkapannya telah memicu kemarahan dari Barat dan dipandang sebagai eskalasi serius dari tindakan keras Rusia terhadap media.

Rusia tuding ledakan bom di St Petersburg diatur oleh Ukraina 

Rusia pada Senin menahan seorang perempuan muda bernama Darya Trepova setelah sebuah ledakan bom menewaskan seorang blogger perang pro-Rusia bernama Vladlen Tatarsky dan melukai puluhan orang lainnya.

Rusia mengeklaim serangan bom pada hari Minggu (2/4/2023) itu diatur oleh Ukraina dengan bantuan pendukung kritikus Kremlin yang dipenjara Alexei Navalny.

Komite Investigasi Rusia dan Komite Anti-terorisme Nasional Rusia sama-sama mengatakan aktivis pro-Navalny berada di balik serangan terbaru.

Komite Investigasi Rusia telah merilis video penangkapan Darya Trepova yang berusia 26 tahun.

Komite Investigasi menyebut Darya Trepova memegang pandangan oposisi dan merupakan pendukung Yayasan Anti-Korupsi, mengacu pada organisasi terlarang Navalny.

Putin beri penghargaan blogger perang pro-Rusia yang tewas dalam pengeboman

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin secara anumerta menganugerahkan penghargaan kepada blogger perang pro-Rusia yang tewas dalam ledakan bom di sebuah kafe di St Petersburg.

"Vladlen Tatarsky, yang bernama asli Maxim Fomin, telah diberi Order of Courage atas keberanian yang ditunjukkan selama menjalankan tugas profesional," kata sebuah dekrit Kremlin.

Finlandia jadi anggota NATO ke-31 pada Selasa ini

Finlandia pada Senin diumumkan akan secara resmi menjadi anggota NATO ke-31 per Selasa (4/4/2023) ini.

Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg, mengatakan bendera Finlandia akan dikibarkan di luar markas NATO pada Selasa, saat menjadi anggota terbaru aliansi Barat.

"Besok kami akan menyambut Finlandia sebagai anggota ke-31," kata Stoltenberg kepada wartawan menjelang pertemuan bersejarah para menteri luar negeri NATO di Brussel.

Invasi habis-habisan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina pada tahun lalu telah meningkatkan keamanan Eropa dan mendorong Finlandia -dan tetangganya Swedia- untuk menghentikan sikap non-blok dan berusaha bergabung dengan payung pelindung NATO.

Finlandia tak meminta NATO kerahkan pasukan

Ketua komite militer NATO, Laksamana Rob Bauer, mengatakan Finlandia belum meminta anggota NATO untuk menempatkan pasukan di wilayahnya, saat Helsinki bersiap bergabung dengan aliansi tersebut.

"Apakah kami akan menempatkan pasukan di Finlandia adalah pertanyaan yang dimulai dari Finlandia. Untuk saat ini, tidak ada permintaan seperti itu. Tapi tentu saja, itu mungkin datang di masa depan dan kami harus mempertimbangkannya ketika itu terjadi," kata Bauer kepada AFP dalam sebuah wawancara.

Pada hari Selasa, Finlandia akan menjadi anggota aliansi ke-31.

Ini adalah perubahan strategis bersejarah yang akan menggandakan perbatasan darat NATO dengan Rusia.

Rusia dan Finlandia berbagi perbatasan sepanjang 1.300 kilometer.

Respons Finlandia akan gabung NATO, Rusia akan tingkatkan militer di barat laut

Rusia mengatakan pada Senin akan meningkatkan kehadiran militernya di barat dan barat laut, sebagai tanggapan atas bergabungnya Finlandia dengan NATO.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah mengumumkan bahwa Finlandia akan menjadi anggota ke-31 NATO pada hari Selasa (4/4/2023) ini.

"Kami akan memperkuat potensi militer kami ke arah barat dan barat laut," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko seperti dikutip dari kantor berita RIA Novosti.

"Dalam hal pengerahan pasukan dan sumber daya anggota NATO lainnya di wilayah Finlandia, kami akan mengambil langkah tambahan untuk memastikan keamanan militer Rusia secara andal," tambahnya.

Zelensky ingin Putin mendekam di ruang bawah tanah

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Senin berharap Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghabiskan sisa hidupnya di ruang bawah tanah yang gelap dengan sebuah ember.

Zelensky berbicara demikian saat berkunjung ke Desa Yagidne di utara Kyiv.

Dia datang ke desa itu bersama Wakil Kanselir Jerman Robert Habeck untuk menandai peringatan pembebasan pemukiman dari pasukan Rusia.

Segera setelah invasi, Rusia memaksa 367 orang atau hampir seluruh penduduk Yagidne ke ruang bawah tanah sekolah seluas 200 meter persegi.

Ceko dan Slovakia desak UE untuk berlakukan sanksi terhadap Rusia

Perdana menteri Ceko dan Slovakia pada Senin mendesak Uni Eropa melakukan "tekanan yang ditargetkan" pada Kremlin dengan tetap berpegang pada sanksi yang diberlakukan setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu.

"Penting bagi UE dan mitranya untuk melanjutkan tekanan yang ditargetkan pada Federasi Rusia dan menerapkan sanksi secara menyeluruh," kata para perdana menteri dalam sebuah pernyataan.

Mereka berpendapat, sekutu juga harus mencegah pengabaian sanksi dan menciptakan mekanisme untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan terkait agresi ini.

Grup Wagner klaim rebut Bakhmut dari Ukraina secara hukum

Tentara bayaran Rusia yaitu Grup Wagner pada Senin mengeklaim telah merebut Kota Bakhmut di Ukraina timur secara hukum.

Klaim Wagner berdasarkan bahwa unitnya merebut gedung pemerintahan utama kota itu. "Dalam pengertian hukum, Bakhmut sudah direbut.

Musuh terkonsentrasi di wilayah barat," kata Ketua Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin, di kanal Telegramnya.

Dalam video yang menyertai unggahan tersebut, Prigozhin terlihat memegang bendera Rusia bertuliskan penghormatan untuk blogger militer Rusia Vladlen Tatarsky yang tewas dalam serangan bom di kafe Kota Saint Petersburg pada Minggu (2/4/2023).

Namun, tentara Rusia pada kenyataannya tidak melaporkan kemajuan di kota Bakhmut, Ukraina timur.

Pertarungan untuk kota industri Bakhmut adalah pertempuran terlama dari kampanye militer Rusia di Ukraina.

Polandia pasok beberapa jet tempur MiG-29 yang dijanjikan ke Ukraina

Polandia pada Senin mengatakan telah mentransfer beberapa jet tempur MiG-29 yang dijanjikan ke Ukraina, setelah sesama anggota NATO, Slovakia mengumumkan telah mengirimkan batch awal sendiri.

“Beberapa MiG-29 telah dikirim. Jet jempur akan membantu Ukraina dalam mempertahankan keamanan kolektif kita,” kata pembantu presiden Polandia Marcin Przydacz kepada stasiun radio lokal RMF FM.

Bulan lalu, Polandia menjadi anggota NATO pertama yang menjanjikan pengiriman jet tempur.

Presiden Polandia Andrzej Duda saat itu mengatakan akan mengirimkan empat batch awal.

Rusia jelaskan maksud pemotongan produksi minyak

Kremlin pada Senin menjelaskan maksud pemotongan produksi minyak oleh Rusia, Arab Saudi, dan produsen utama lainnya adalah untuk kepentingan pasar global. 

Pemotongan produksi minyak itu bagaimanapun telah menyebabkan harga minyak melambung.

Langkah mengejutkan yang diambil pada hari Minggu itu datang karena harga minyak telah mendingin dalam beberapa bulan terakhir setelah melonjak tahun lalu menyusul dimulainya konflik di Ukraina.

"Adalah kepentingan pasar energi global agar harga minyak dunia tetap pada tingkat yang baik," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

"Apakah negara lain senang dengan ini atau tidak, itu urusan mereka," tambahnya.

Putin jamin kehidupan layak pasukan Rusia yang bertempur di Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin menandatangani sebuah dekrit yang menciptakan dana khusus untuk mendukung tentara yang berperang di Ukraina dan keluarga mereka.

Keputusan untuk mendukung "Pembela Tanah Air" itu diterbitkan di situs web resmi pemerintah Rusia.

"Langkah-langkah tersebut ditujukan untuk memastikan kehidupan yang layak bagi tentara yang terlibat dalam serangan Ukraina dan untuk pasangan serta anak-anak mereka," menurut dekrit tersebut.

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/04/054200570/rangkuman-hari-ke-404-serangan-rusia-ke-ukraina--putin-jamin-tentara

Terkini Lainnya

Mengenal Apa Itu Chloropicrin, Senjata Kimia yang AS Tuduh Rusia Pakai di Ukraina

Mengenal Apa Itu Chloropicrin, Senjata Kimia yang AS Tuduh Rusia Pakai di Ukraina

Global
Argentina Luncurkan Uang Kertas 10.000 Peso, Setara Rp 182.000

Argentina Luncurkan Uang Kertas 10.000 Peso, Setara Rp 182.000

Global
Majikan Ditemukan Meninggal, PRT Ini Sebut karena Bunuh Diri dan Diwarisi Rp 43,5 Miliar

Majikan Ditemukan Meninggal, PRT Ini Sebut karena Bunuh Diri dan Diwarisi Rp 43,5 Miliar

Global
Membaca Arah Kepemimpinan Korea Utara dari Lagu Propaganda Terbaru

Membaca Arah Kepemimpinan Korea Utara dari Lagu Propaganda Terbaru

Internasional
Apa Saja yang Perlu Diketahui dari Serangan Israel di Rafah?

Apa Saja yang Perlu Diketahui dari Serangan Israel di Rafah?

Global
AS Disebut Hentikan Pengiriman 3.500 Bom ke Israel karena Kekhawatiran akan Serangan ke Rafah

AS Disebut Hentikan Pengiriman 3.500 Bom ke Israel karena Kekhawatiran akan Serangan ke Rafah

Global
Rangkuman Hari Ke-804 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Dilantik untuk Periode Ke-5 | Ukraina Gagalkan Rencana Pembunuhan Zelensky

Rangkuman Hari Ke-804 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Dilantik untuk Periode Ke-5 | Ukraina Gagalkan Rencana Pembunuhan Zelensky

Global
Jepang Dinilai Joe Biden Xenofobia, Benarkah?

Jepang Dinilai Joe Biden Xenofobia, Benarkah?

Internasional
AS Optimistis Usulan Hamas Direvisi Lancarkan Gencatan Senjata di Gaza

AS Optimistis Usulan Hamas Direvisi Lancarkan Gencatan Senjata di Gaza

Global
6 Bulan Jelang Pilpres AS, Siapa Bakal Cawapres Trump?

6 Bulan Jelang Pilpres AS, Siapa Bakal Cawapres Trump?

Global
Kabinet Perang Israel Putuskan Lanjutkan Operasi di Rafah Gaza meski Dikecam Internasional

Kabinet Perang Israel Putuskan Lanjutkan Operasi di Rafah Gaza meski Dikecam Internasional

Global
Saat Protes Pro-Palestina oleh Mahasiswa Menyebar di Belanda, Jerman, Perancis, Swiss, dan Austria...

Saat Protes Pro-Palestina oleh Mahasiswa Menyebar di Belanda, Jerman, Perancis, Swiss, dan Austria...

Global
Israel Didesak Buka Kembali Penyeberangan Rafah Gaza, AS Ikut Bersuara

Israel Didesak Buka Kembali Penyeberangan Rafah Gaza, AS Ikut Bersuara

Global
[POPULER GLOBAL] Hamas Setujui Usulan Gencatan Senjata | Pielieshenko Tewas Bela Ukraina

[POPULER GLOBAL] Hamas Setujui Usulan Gencatan Senjata | Pielieshenko Tewas Bela Ukraina

Global
Ukraina Gagalkan Rencana Pembunuhan Zelensky yang Dirancang Rusia

Ukraina Gagalkan Rencana Pembunuhan Zelensky yang Dirancang Rusia

Global
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke