Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Ancaman Maritim, Uni Eropa Berencana Gelar Latihan Angkatan Laut Gabungan

Kompas.com - 10/03/2023, 20:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

BRUSSELS, KOMPAS.comUni Eropa berencana menggelar latihan angkatan laut bersama guna meningkatkan upaya dalam melindungi infrastruktur penting di laut.

Uni Eropa tengah mengkhawatirkan keamanan infrastruktur maritimnya. Kekhawatiran tersebut meningkat ketika terjadi ledakan di jalur pipa Nord Stream yang membuat kebocoran gas alam di Laut Baltik.

Atas kekhawatiran itu, Uni Eropa akan menerbitkan strategi keamanan maritim yang diperbarui, termasuk latihan angkatan laut tahunan, sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Uni Eropa Kecam Rusia, Tak Terima Setiap Ancaman Keamanan

Selain itu , ada pula rencana mengoordinasikan upaya negara-negara anggota dalam melindungi jaringan pipa gas, kabel data bawah laut, pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) lepas pantai, dan infrastruktur maritim penting lainnya.

Komisioner Lingkungan Uni Eropa Virginijus Sinkevicius mengatakan kepada Reuters bahwa rencana tersebut sebenarnya sudah digagas sebelum pipa Nord Stream mengalami ledakan.

Karena terjadi insiden di pipa Nord Stream tersebut, rencana tersebut semakin mencuat dan diperkuat.

“Setelah itu negara-negara anggota sangat jelas bahwa kita perlu lebih memperkuat kerja sama, membangun kapasitas, memastikan infrastruktur penting kita terlindungi dengan lebih baik,” kata Sinkevicius.

Baca juga: Otoritas Uni Eropa Larang Staf Pakai TikTok, Khawatir Keamanan Siber

Dalam rencana itu, Uni Eropa ingin meningkatkan kerja sama antara blok tersebut dengan NATO.

Selain itu, ada pula upaya memperluas patroli pesisir dan meningkatkan berbagi data antarnegara guna mengidentifikasi ancaman lebih awal, contohnya memanfaatkan program satelit Uni Eropa untuk mendeteksi kapal tak dikenal.

“Tingkat ancaman telah meningkat,” kata Sinkevicius.

Baca juga: Pasukan Belarus Siap Tempur di Perbatasan Uni Eropa dan Ukraina

Infrastruktur energi menjadi perhatian khusus karena Eropa memperluas penggunaan terminal LNG-nya untuk menggantikan gas pipa Rusia. PLTB lepas pantai pun juga dikebut pembangunannya.

Bulan lalu, sebuah kapal Rusia terdeteksi di PLTB lepas pantai di Laut Utara.

Menurut Belanda, kehadiran Kapal Rusia itu merupakan bagian dari upaya Moskwa untuk mendapatkan informasi intelijen guna menyabotase infrastruktur di sana.

Baca juga: Mulai 2035, Hanya Mobil Listrik yang Boleh Melintas di Uni Eropa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com