Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Kecelakaan Kereta Yunani, Pekerja Kereta Marah, Aksi Mogok Berlanjut

Kompas.com - 03/03/2023, 21:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

ATHENA, KOMPAS.com - Pekerja kereta api Yunani memperpanjang pemogokan mereka ke hari kedua pada hari Jumat (3/3/2023).

Ada lebih banyak unjuk rasa yang direncanakan, di tengah kemarahan atas kecelakaan kereta api yang menghancurkan yang menewaskan sedikitnya 57 orang yang mayoritas mahasiswa universitas.

Gerbong terlempar dari rel, hancur dan dilalap api ketika kereta penumpang berkecepatan tinggi dengan lebih dari 350 orang di dalamnya bertabrakan langsung dengan kereta barang pada Selasa (28/2/2023) malam.

Baca juga: Tabrakan Kereta di Yunani Tewaskan 43 Orang, Kepala Stasiun Ditangkap

"Federasi telah membunyikan lonceng alarm selama bertahun-tahun, tetapi tidak pernah dianggap serius," kata serikat pekerja kereta api utama, menuntut pertemuan dengan menteri transportasi baru, seperti dilansir dari Reuters.

Menteri baru ditunjuk setelah kecelakaan dengan mandat untuk memastikan tragedi seperti itu tidak akan pernah terjadi lagi.

Serikat pekerja mengatakan ingin jadwal yang jelas untuk penerapan protokol keselamatan.

Pertanyaan seputar kecelakaan, yang terjadi ketika kedua kereta berada di jalur yang sama, melibatkan masalah pensinyalan dan pemeliharaan yang salah.

Pekerjaan dilanjutkan di lokasi kecelakaan, di mana staf penyelamat menggunakan derek untuk mengangkat beberapa gerbong yang terlempar dari rel.

"Operasi sedang berlangsung, direncanakan akan berakhir hari ini, kami berharap itu akan berakhir hari ini tetapi selalu ada faktor yang tidak diketahui," kata seorang pejabat pemadam kebakaran.

Baca juga: Tragedi Tabrakan Kereta Yunani: 36 Tewas, Kepala Stasiun Ditangkap, Bendera Setengah Tiang Dikibarkan

Tidak jelas apakah lebih banyak yang masih hilang, atau berapa banyak.

Di tengah keterkejutan dan kesedihan di negara di mana tiga hari berkabung nasional telah diumumkan, keluarga dan teman-teman mengatakan mereka menginginkan jawaban atas bagaimana kecelakaan seperti itu bisa terjadi.

Pada hari Kamis (2/3/2023), di luar rumah sakit di Larissa, di mana banyak korban dibawa, seorang wanita bernama Katerina, yang saudara laki-lakinya hilang, berteriak: "Pembunuh! Pembunuh! Aku akan pergi besok dengan peti mati!"

Baca juga: 2 Kereta Tabrakan di Yunani, 26 Orang Tewas, Gerbong Terbakar

Katerina, yang kemarahannya diarahkan pada pemerintah dan perusahaan kereta api, telah, seperti kerabat lain yang mencari orang yang dicintai, memberikan sampel DNA untuk mencoba dan mengidentifikasi saudara laki-lakinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com