Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Kunjungan Dadakan ke Ukraina, Sirene Udara Kyiv Berbunyi

Kompas.com - 20/02/2023, 17:46 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber DW

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina pada Senin (20/2/2023).

Kunjungan Biden dilakukan jelang peringatan satu tahun invasi Rusia. Ia menyatakan bahwa dukungan Washington ke Kyiv tak tergoyahkan, dan mengumumkan lebih banyak bantuan untuk Ukraina.

Deutsche Welle (DW) melaporkan, sirene serangan udara terdengar di Kyiv sesaat sebelum berita kedatangan Biden dikonfirmasi.

Baca juga: Kremlin: Biden Pegang Kunci Akhiri Perang Ukraina, tapi Tidak Dipakai

Kunjungan Biden ke Ukraina tidak diumumkan sebelumnya karena alasan keamanan. Ini adalah kali pertama presiden berusia 80 tahun itu berkunjung ke Ukraina sejak invasi Rusia.

Anggota parlemen Ukraina Oleksiy Goncharenko mengatakan, Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat sirene serangan udara masih terdengar di Kyiv.

Kedua presiden juga dilaporkan mengunjungi Wall of Remembrance of the Fallen for Ukraine di Kyiv.

Baca juga:

Apa kata Biden di Ukraina?

"Saat dunia bersiap untuk memperingati satu tahun invasi brutal Rusia ke Ukraina, saya berada di Kyiv hari ini untuk bertemu Presiden Zelensky dan menegaskan kembali komitmen kami yang tak tergoyahkan dan tak kunjung padam terhadap demokrasi, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina," kata Biden dalam pidatonya, dikutip dari DW.

Presiden ke-46 AS tersebut melanjutkan, dia akan mengumumkan pengiriman peralatan perang lebih lanjut ke Ukraina termasuk amunisi artileri, sistem anti-lapis baja, dan radar pengawasan udara.

Menurut laporan media-media yang dihimpun DW, paket bantuan baru itu bernilai sekitar 500 juta dollar AS (Rp 7,57 triliun).

Washington akhir pekan ini akan mengumumkan lebih banyak sanksi terhadap individu dan perusahaan yang terkait dengan mesin perang Rusia, tambahnya.

"Satu tahun kemudian, Kyiv berdiri. Dan Ukraina berdiri. Demokrasi berdiri," imbuh Biden dalam pidatonya di Istana Mariinsky, Kyiv.

Baca juga: Pemerintah AS Ditekan Anggota Parlemen Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com