Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Mulai Cair, China Siap Bertemu Menteri Pertahanan AS

Kompas.com - 20/11/2022, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

BEIJING, KOMPAS.com - China mengatakan pada Minggu (20/11/2022) bahwa pihaknya terbuka untuk pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS di sela-sela forum keamanan regional di Kamboja minggu ini.

Ini sebagai tanda mencairnya hubungan setelah para pemimpin tertinggi negara itu bertemu bulan ini.

Dilansir dari Reuters, Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dan Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd sebelumnya mengkonfirmasi secara terpisah bahwa mereka akan menghadiri forum dengan negara-negara Asia Tenggara, Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN-Plus.

Baca juga: Panda Raksasa yang Diberikan ke Taiwan oleh China Mati Setelah Menderita Kejang

Pada hari Minggu, kementerian pertahanan China mengeluarkan pernyataan yang menampilkan pertanyaan tentang apakah keduanya akan bertemu.

"China memiliki sikap proaktif dan terbuka untuk melakukan diskusi dengan AS," kata juru bicara Tan Kefei.

Dia juga mengatakan kedua belah pihak sedang berkoordinasi mengenai pertukaran di forum tersebut, yang akan berlangsung pada pekan depan.

Sebuah pertemuan akan mewakili pertukaran militer tingkat tinggi pertama antara kedua negara sejak China menghentikan dialog reguler antara komandan militer pada Agustus sebagai pembalasan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Baca juga: Fenomena Aneh Kawanan Domba di China Jalan Berputar-putar Selama 12 Hari, Terekam Kamera Pemiliknya

China menganggap Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai provinsi pemberontak.

Di Indonesia pekan lalu, di sela-sela KTT Kelompok 20, Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden mengadakan pertemuan tatap muka pertama mereka sejak yang terakhir menjabat pada awal 2021.

Baca juga: Xi Jinping: Asia Pasifik Tak Boleh jadi Arena Persaingan China dan AS

Hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir di tengah isu-isu seperti perdagangan, hak asasi manusia dan Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com