Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah 3 Bom Nuklir AS yang Hilang dan Belum Ditemukan, Salah Satunya di Filipina

Kompas.com - 28/08/2022, 11:00 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

Oleh: Zaria Gorvett/BBC Future

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat telah kehilangan setidaknya tiga bom nuklir yang tidak pernah ditemukan – keberadaannya diyakini masih ada di suatu tempat saat ini. Bagaimana bisa terjadi?

Di suatu pagi saat musim dingin yang sejuk pada puncak Perang Dingin, 17 Januari 1966, sekitar pukul 10:30 pagi, seorang nelayan Spanyol menyaksikan bungkusan jatuh dari langit.

Tanpa suara, benda berwarna putih tak berbentuk itu meluncur menuju Laut Alboran. 

 Baca juga: Sejarah Bom Nuklir

Ada sesuatu yang tergantung di bawahnya, meskipun dia tidak bisa melihat apa itu. Kemudian bungkusan itu hilang tertelan ombak.

Pada saat yang sama, di desa nelayan terdekat, Palomares, penduduk setempat melihat ke langit yang sama dan menyaksikan pemandangan yang sangat berbeda--dua bola api raksasa, meluncur ke arah mereka. 

Dalam hitungan detik, keindahan pedesaan yang damai itu hancur. Gedung-gedung berguncang. Pecahan peluru menghujam mengiris tanah. Bagian-bagian tubuh manusia berserakan

Beberapa minggu kemudian, Philip Meyers menerima pesan melalui teleprinter--perangkat yang dapat mengirim dan menerima e-mail primitif. 

Saat itu, ia bekerja sebagai petugas penjinak bom di Fasilitas Udara Angkatan Laut Sigonella, di Sisilia timur. 

Dia diberitahu bahwa ada keadaan darurat yang sangat rahasia di Spanyol, dan dia harus berangkat ke sana dalam beberapa hari. 

Namun, misi itu tidak serahasia yang diharapkan militer. 

“Saya tidak terkejut ketika dipanggil ke sana," kata Meyers. 

Bahkan publik juga tahu apa yang sedang terjadi. Ketika dia menghadiri sebuah pesta malam itu dan mengumumkan perjalanan misteriusnya, peristiwa yang seharusnya rahasia itu malah menjadi semacam lelucon. 

"Itu agak memalukan," kata Meyers. "Itu seharusnya rahasia, tetapi teman-teman saya memberi tahu saya mengapa saya harus pergi."

Selama berminggu-minggu, surat kabar di seluruh dunia melaporkan desas-desus tentang kecelakaan yang mengerikan--dua pesawat militer AS bertabrakan di udara, menyebarkan empat bom termonuklir B28 di Palomares. 

Tiga dengan cepat ditemukan di darat--tetapi satu menghilang ke hamparan biru berkilauan di arah tenggara, hilang ke dasar hamparan Laut Mediterania di dekatnya. 

Sekarang perburuan bom nuklir dengan hulu ledak 1,1 megaton, dengan daya ledak 1.100.000 ton TNT dilakukan.

Bom yang hilang di Palomares menyebarkan tujuh pon (3,2 kg) plutonium ke alam liar.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Bom yang hilang di Palomares menyebarkan tujuh pon (3,2 kg) plutonium ke alam liar.
Jumlah yang tidak diketahui

Faktanya, insiden Palomares bukan satu-satunya peristiwa di mana ada senjata nuklir yang salah tempat. 

Setidaknya ada 32 kecelakaan yang disebut "panah patah"--yang melibatkan perangkat yang bisa meratakan dan menghancurkan Bumi ini--sejak 1950. 

Dalam banyak kasus, senjata dijatuhkan secara tidak sengaja atau dibuang dalam keadaan darurat, kemudian ditemukan kembali. 

Tapi tiga bom milik AS telah hilang sama sekali--mereka masih di luar sana sampai hari ini, bersembunyi di rawa-rawa, ladang dan lautan di suatu tempat di planet ini.

Baca juga: 5 Uji Coba Bom Nuklir Terbesar dalam Sejarah

"Kami lebih banyak tahu tentang kasus-kasus Amerika," kata Jeffrey Lewis, direktur Program Non-proliferasi Asia Timur di Pusat Studi Non-proliferasi James Martin, California. 

Dia menjelaskan bahwa daftar lengkap senjata nuklir yang hilang ini baru terpublikasi ketika ringkasan milik Departemen Pertahanan AS dideklasifikasi pada 1980-an.

Banyak yang terjadi selama Perang Dingin, ketika AS dan Uni Soviet berpacu dalam doktrin Mutually Assured Destruction (MAD).

Dampaknya, pesawat-pesawat yang dipersenjatai dengan senjata nuklir terbang di udara setiap waktu dari tahun 1960 hingga 1968, dalam operasi yang dikenal sebagai Kubah Chrome.

"Kami tidak tahu banyak tentang senjata nuklir negara lain. Kami tidak tahu apa-apa tentang Inggris atau Perancis, atau Rusia atau China," kata Lewis. "Jadi saya rasa kita tidak punya perhitungan penuh.”

Masa lalu nuklir Uni Soviet terutama, sangat tidak diketahui. Negara ini setidaknya punya stok 45.000 senjata nuklir pada 1986. 

Ada kasus-kasus yang diketahui di mana negara itu kehilangan bom nuklir yang tidak pernah diambil kembali.

Tetapi tidak seperti insiden AS, semuanya terjadi di kapal selam dan lokasinya diketahui, meskipun tidak dapat diakses.

Salah satunya terjadi pada 8 April 1970, ketika api mulai menyebar melalui sistem pendingin udara kapal selam bertenaga nuklir K-8 Soviet saat sedang menyelam di Teluk Biscay--di timur laut Samudra Atlantik di lepas pantai Spanyol dan Perancis, yang terkenal dengan badai ganas dan di mana banyak kapal menemui ajal. 

Kapal selam itu memiliki empat torpedo nuklir di dalamnya, dan ketika tenggelam, dia membawa muatan radioaktifnya.

Namun, kapal-kapal yang hilang ini tidak selalu berada di titik tenggelamnya. Pada tahun 1968, sebuah K-129 Soviet secara misterius tenggelam di Samudra Pasifik barat laut Hawaii, bersama dengan tiga rudal nuklir. 

AS segera mengetahuinya, dan memutuskan untuk melakukan upaya rahasia untuk mengambil kembali rudal-rudal nuklir ini, "yang benar-benar merupakan cerita yang cukup gila", kata Lewis.

Miliarder eksentrik Amerika, Howard Hughes, yang terkenal dengan spektrum aktivitasnya yang luas, termasuk sebagai pilot dan sutradara film, berpura-pura tertarik pada penambangan laut dalam. 

"Tapi sebenarnya, itu bukan penambangan laut dalam, ini adalah upaya untuk membangun cakar raksasa yang bisa turun ke dasar laut, mengambil kapal selam yang hilang, dan membawanya kembali ke permukaan,” kata Lewis. 

Proyek ini dinamai Project Azorian--dan sayangnya tidak berhasil. Kapal selam itu pecah saat diangkat.

"Dan senjata nuklirnya jatuh kembali ke dasar laut," kata Lewis. 

Beberapa orang berpikir senjata itu tetap ada di sana sampai hari ini, terperangkap di makam mereka yang berkarat--meskipun yang lain percaya bahwa senjata itu akhirnya ditemukan.

Sesekali, ada laporan bahwa beberapa senjata nuklir AS yang hilang telah ditemukan.

Di tahun 1998, seorang pensiunan perwira militer dan rekannya dicengkeram dengan tekad yang tiba-tiba untuk menemukan sebuah bom yang dijatuhkan di dekat Pulau Tybee, Georgia pada tahun 1958. 

Mereka mewawancarai pilot yang awalnya kehilangan bom itu, serta orang-orang yang telah mencari bom tersebut tanpa hasil beberapa dekade yang lalu--dan mempersempit pencarian ke Wassaw Sound, teluk terdekat di Samudra Atlantik. 

Selama bertahun-tahun, duo maverick ini menjelajahi daerah itu dengan perahu, mengikuti penghitung Geiger di belakang mereka untuk mendeteksi lonjakan radiasi.

Dan suatu hari, di tempat yang persis seperti yang digambarkan pilot--mereka menemukan sebuah area dengan radiasi 10 kali lipat dari tempat lain. 

Pemerintah segera mengirimkan tim untuk menyelidiki. Tapi sayang, itu bukan senjata nuklir. Anomali itu disebabkan oleh radiasi alami dari mineral di dasar laut.

Jadi untuk saat ini, tiga bom hidrogen AS yang hilang--dan, paling tidak, sejumlah torpedo milik Soviet--masih menjadi monumen rahasia di dasar laut, pengingat risiko perang nuklir, meskipun sebagian besar telah dilupakan. 

Mengapa kita belum menemukan semua senjata jahat ini? Apakah ada risiko mereka meledak? Dan apakah kita akan bisa mengambilnya kembali?

Baca juga: Jika Bom Nuklir Terbesar di Dunia Jatuh di Jakarta, Seperti Apa Dampaknya?

Obyek terselubung

Ketika Meyers akhirnya tiba di Palomares--desa Spanyol tempat pesawat bom B52 jatuh pada tahun 1966--pihak berwenang masih mencari bom nuklir yang hilang. 

Setiap malam timnya tidur di tenda-tenda di desa yang dingin dan lembap. 

"Itu seperti musim dingin Inggris," katanya. Pada siang hari tak banyak yang bisa mereka lakukan--itu adalah permainan menunggu.

"Ini hal standar di militer, cepat-cepat dan menunggu," kata Meyers. "Kami harus bergegas dan kemudian kami tidak melakukan apa-apa selama dua minggu. Dan kemudian setelah itu, eksplorasi bawah laut menjadi sangat serius."

Kapal selam Alvin hampir terseret ke kedalaman laut ketika menjatuhkan bom Palomares.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Kapal selam Alvin hampir terseret ke kedalaman laut ketika menjatuhkan bom Palomares.
Tim pencari membawa dua alat yang cerdik. Salah satunya adalah teorema dari abad ke-18 yang ditemukan oleh seorang pendeta Presbiterian yang menjadi matematikawan amatir.

Alat ini membantu orang menggunakan informasi tentang kejadian masa lalu untuk menghitung kemungkinan kejadian itu terjadi lagi. 

Mereka menggunakan teknik "inferensi Bayesian" ini untuk memutuskan di mana mencari bom, dan untuk membantu mereka mencari dengan cara seefisien mungkin serta memaksimalkan peluang mereka untuk menemukannya. 

Yang kedua adalah "Alvin", kapal selam laut dalam termutakhir saat itu yang mampu menyelam ke kedalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Seperti hiu putih yang gemuk, setiap hari ia turun ke perairan Mediterania yang biru tua dengan kru manusia di perutnya, dan memulai perburuan visual.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com