Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Gubernur New York Nyaris Ditusuk di Leher Saat Kampanye

Kompas.com - 22/07/2022, 17:01 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PERINTON, KOMPAS.com - Lee Zeldin anggota Kongres Amerika Serikat (AS) yang juga calon gubernur New York nyaris ditusuk di leher saat berkampanye di kota Perinton, negara bagian New York, Kamis (21/7/2022).

Pejabat dari Partai Republik itu mengatakan, penyerang hendak menikamnya tetapi dia berhasil menangkisnya.

Kantor berita AFP melaporkan, Lee Zeldin mencalonkan diri sebagai gubernur New York untuk melawan petahana Kathy Hochul dari Partai Demokrat. Pemilihan dilakukan pada November 2022.

Baca juga: Detik-detik Penembakan di Kereta Bawah Tanah New York: Pelaku Gunakan Masker Gas, Ledakan Bom Asap, Tembak Belasan Orang

Saat Lee Zeldin berkampanye di hadapan banyak warga Kota Perinton sekitar pukul 20.00 waktu setempat, pria berusia 43 tahun yang diidentifikasi sebagai David Jakunbois naik ke panggung dan menyerangnya, menurut keterangan kantor sheriff Monroe County.

"(Penyerang) membawa senjata di tangannya, mengayunkannya ke leher Zeldin, dan berkata kepadanya 'Anda sudah selesai'," kata kantor sheriff.

"Penonton dan anggota kampanye Republik-nya Zeldin menangkap pria itu sampai petugas datang dan menahannya. Tidak ada yang terluka."

Video yang beredar di media sosial menunjukkan Lee Zeldin yang merupakan mantan tentara berpidato di depan helikopter militer di pusat veteran, di atas panggung yang didekorasi dengan jerami.

Penyerangnya memakai celana pendek, kaus, dan topi baseball. Ia mendekat perlahan sampai mencapai jarak untuk menikam Lee Zeldin, tetapi calon gubernur dan timnya langsung menyadari ada yang tidak beres.

Ketika penyerang hendak menusuk leher Lee Zeldin, mereka berdua beradu fisik selama beberapa detik kemudian orang-orang di dekatnya turun tangan.

Baca juga:

"Seseorang mencoba menikam saya di atas panggung saat kampanye malam ini, tetapi untunya saya bisa memegang pergelangan tangannya dan menghentikannya beberapa saat sampai orang lain menjegalnya," tulis Lee Zeldin di Twitter.

Ayah dua anak dan sekutu setia mantan Presiden AS Donald Trump itu menambahkan, dia baik-baik saja.

"Lega mendengar bahwa Anggota Kongres Zeldin tidak terluka dan tersangka ditahan," tulis Gubernur New York Kathy Hochul di akun Twitter pribadinya.

"Saya mengecam keras tindakan kekerasan ini, itu tidak boleh terjadi di New York," tambah Hochul yang menggantikan mantan gubernur Andrew Cuomo tahun lalu usai mundur karena tuduhan pelecehan seksual.

Kantor sheriff Monroe County berujar, Jakubonis didakwa dengan percobaan penyerangan tingkat dua dan dibebaskan dengan jaminan.

Baca juga: Gubernur New York Andrew Cuomo Terbukti Lecehkan 11 Perempuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com