Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Calon Gubernur New York Nyaris Ditusuk di Leher Saat Kampanye

Pejabat dari Partai Republik itu mengatakan, penyerang hendak menikamnya tetapi dia berhasil menangkisnya.

Kantor berita AFP melaporkan, Lee Zeldin mencalonkan diri sebagai gubernur New York untuk melawan petahana Kathy Hochul dari Partai Demokrat. Pemilihan dilakukan pada November 2022.

Saat Lee Zeldin berkampanye di hadapan banyak warga Kota Perinton sekitar pukul 20.00 waktu setempat, pria berusia 43 tahun yang diidentifikasi sebagai David Jakunbois naik ke panggung dan menyerangnya, menurut keterangan kantor sheriff Monroe County.

"(Penyerang) membawa senjata di tangannya, mengayunkannya ke leher Zeldin, dan berkata kepadanya 'Anda sudah selesai'," kata kantor sheriff.

"Penonton dan anggota kampanye Republik-nya Zeldin menangkap pria itu sampai petugas datang dan menahannya. Tidak ada yang terluka."

Video yang beredar di media sosial menunjukkan Lee Zeldin yang merupakan mantan tentara berpidato di depan helikopter militer di pusat veteran, di atas panggung yang didekorasi dengan jerami.

Ketika penyerang hendak menusuk leher Lee Zeldin, mereka berdua beradu fisik selama beberapa detik kemudian orang-orang di dekatnya turun tangan.

"Lega mendengar bahwa Anggota Kongres Zeldin tidak terluka dan tersangka ditahan," tulis Gubernur New York Kathy Hochul di akun Twitter pribadinya.

"Saya mengecam keras tindakan kekerasan ini, itu tidak boleh terjadi di New York," tambah Hochul yang menggantikan mantan gubernur Andrew Cuomo tahun lalu usai mundur karena tuduhan pelecehan seksual.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/22/170100670/calon-gubernur-new-york-nyaris-ditusuk-di-leher-saat-kampanye

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke