Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Beri Iming-iming ke Dunia jika Barat Cabut Sanksi

Kompas.com - 12/07/2022, 15:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber TASS

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia menyampaikan ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dunia apabila Barat mencabut sanksi atas invasi ke Ukraina.

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mengatakan, apabila sanksi atau pembatasan yang diberlakukan oleh Barat terhadap Rusia dihapus, hal itu akan menyebabkan penurunan harga global untuk sumber daya energi dan bahan pangan.

"Berapa lama harga energi tetap tinggi akan tergantung pada dinamika ekonomi global dan durasi pembatasan yang diberlakukan oleh negara-negara Barat," kata Siluanov, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar harian bisnis Rusia, Vedomosti.

Baca juga: Dubes Ukraina Ungkap 2 Opsi Akhiri Perang dengan Rusia

Ketika ditanya tentang apakah pencabutan sanksi dan pembatasan oleh Barat dan negara-negara lain terhadap Rusia akan menyebabkan pasar "mereda" dan menemukan keseimbangan, dia menjawab, "Tentu saja".

Menurut dia, hal itu akan berdampak pada harga bahan makanan, sumber daya energi, dan logistik atau semua barang dan jasa yang dikenai sanksi.

Menurut Siluanov, Rusia diuntungkan dari situasi saat ini di pasar energi dunia.

“Situasinya positif bagi Rusia karena harga energi yang tinggi, tetapi untuk seluruh dunia situasinya agak suram," ungkap dia, sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Rusia, TASS.

Siluanov menegaskan, harga komoditas yang tinggi di dunia saat ini disebabkan oleh pembatasan yang diberlakukan oleh negara-negara Barat.

Baca juga:

"Mereka ingin menghukum Rusia, tetapi mereka menghukum diri mereka sendiri. Bahkan dengan diskon minyak Ural Rusia terhadap minyak Brent, kami menerima pendapatan minyak dan gas yang baik. Hukum penawaran dan permintaan yang sederhana berhasil," kata Siluanov.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com