Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Jerman, Portugal, dan Spanyol Minta Warga Perancis Pilih Macron

Kompas.com - 21/04/2022, 21:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com – Pemimpin Jerman, Portugal, dan Spanyol pada Kamis (21/4/2022) mendesak warga Perancis untuk mendukung Emmanuel Macron melawan Marine Le Pen dalam pemilihan presiden (pilpres) putaran kedua.

Pernyataan tersebut merupakan intervensi yang sangat tidak biasa dalam politik domestik sesama negara Uni Eropa, sebagaimana dilansir AFP.

Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Portugal Antonio Costa, dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dalam harian Le Monde mengomentari pilpres Perancis putaran kedua yang akan digelar Minggu (24/4/2022).

Baca juga: Pilpres Perancis: Macron Sebut Larangan Jilbab Bisa Picu Perang Saudara

Ketiga pemimpin tersebut mengatakan, Perancis menghadapi pilihan antara kandidat demokratis dan kandidat ekstrem kanan yang menyerang kebebasan dan demokrasi.

Mereka berharap, warga Perancis akan memilih orang yang telah menjadi “mercusuar demokrasi”.

"Warga Perancis inilah yang juga ada di surat suara pada 24 April," kata mereka.

Ketiga pemimpin tersebut mengatakan bahwa populis dan tokoh ekstrem kanan di seluruh Eropa berkiblat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca juga: Debat Sengit Pilpres Perancis: Le Pen Kekeh Larang Hijab, Macron Bawa Isu Rusia

Ketiganya menambahkan, tokoh sayap kanan menganggap Putin sebagai model ideologis dan politik dan menggemakan klaim nasionalisnya.

Le Pen bertemu Putin di Kremlin pada 2017 dan menerima pencaplokan Crimea oleh Rusia pada 2014, sementara partainya juga mengambil pinjaman dari bank Rusia-Ceko.

Namun, Le Pen berbalik dengan mengutuk invasi Rusia di Ukraina, sebuah sikap yang dia ulangi pada debat dengan Macron pada Rabu (20/4/2022) malam.

Baca juga: Apa Alasan Capres Perancis Marine Le Pen Ingin Melarang Hijab?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com