Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Bahaya, Pasukan Rusia Bergabung dengan Kelompok Separatis di Ukraina Timur

Kompas.com - 01/03/2022, 21:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Pasukan Rusia dan pemberontak pro-Moskwa telah bergabung di wilayah penting di sepanjang pantai Laut Azov di Ukraina timur.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, pada Selasa (1/3/2022) atau hari keenam invasi Rusia ke Ukraina.

Pasukan Rusia telah mencaplok semenanjung Crimea dari Ukraina pada 2014 dan telah menggunakan wilayah itu untuk melancarkan serangan sejak Kamis (24/2/2022), ketika Moskwa memulai invasinya.

Baca juga: Sanksi untuk Rusia: Apakah Sudah Cukup, Apa Dampaknya ke Dunia?

“Pemberontak telah bergabung dengan unit militer Angkatan Bersenjata Federasi Rusia, yang menguasai wilayah Ukraina di sepanjang pantai Laut Azov," kata Konashenkov dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP.

Pejuang separatis pro-Rusia di timur Ukraina telah mendorong Barat sebagai bagian dari serangan.

Seorang pejabat pertahanan di wilayah Donetsk yang memisahkan diri sebelumnya, mengatakan pasukan bermaksud mengepung kota pelabuhan utama yang memisahkan semenanjung yang dicaplok dan wilayah pemberontak.

Listrik telah terputus di kota utama Ukraina tenggara Mariupol di Laut Azov menyusul serangan dari pasukan Rusia yang maju, menurut kepala wilayah Pavlo Kyrylenko pada hari sebelumnya.

Baca juga: Serangan Rusia ke Ukraina Tak Mereda, Turki Blokir Akses Kapal Perang ke Laut Hitam

Konashenkov mengatakan bahwa pada Selasa, tentara Rusia telah melakukan serangan dengan senjata jarak jauh presisi tinggi dari laut, tanpa menyebutkan daerah yang ditargetkan.

Dia mengatakan bahwa dua lapangan terbang dan tiga radar pertahanan udara terkena di Ukraina.

Konashenkov mengeklaim bahwa tidak ada infrastruktur sipil yang menjadi sasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com