Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Belum Berencana Suntikkan Dosis Keempat Vaksin Covid-19

Kompas.com - 19/02/2022, 22:09 WIB
Ericssen,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.comSingapura menyatakan, belum berencana menerapkan suntikan booster kedua atau dosis keempat vaksin Covid-19.

Direktur Pelayanan Kesehatan Singapura Kenneth Mak menyampaikan, suntikan booster kedua tidak perlu saat ini.

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan seluruh aspek, mulai dari efektivitas booster pertama dan angka infeksi pada warga yang telah menerima booster.

Baca juga: Inggris Sebut Vaksin Booster Bisa Cegah Kematian akibat Omicron hingga 95 Persen

“Fokus saat ini adalah meminta warga segera disuntik booster pertama. Kita juga memantau apakah akan ada kemunculan varian baru.” ucap Mak.

Adapun sejumlah negara seperti Israel dan Korea Selatan mulai menyuntikkan booster kedua vaksin Covid-19 kepada warganya.

Vaksinasi booster Covid-19 di Singapura

Singapura menjadikan booster pertama sebagai senjata utama untuk melawan gelombang ketujuh Covid-19 varian Omicron yang sedang melanda.

Kebijakan ini bisa dikatakan efektif, karena 99 persen warga yang terinfeksi asimtomatik atau hanya bergejala ringan.

Angka vaksinasi Singapura termasuk tertinggi di dunia yaitu 94 persen dan hampir dua per tiga warga yaitu 65 persen telah disuntik booster.

Warga yang ingin tetap berstatus telah divaksin diminta segera disuntik booster pertama sekitar lima bulan setelah disuntik vaksin Pfizer dan Moderna.

Sementara itu untuk penerima vaksin Sinovac dan Sinopharm dapat mendaftarkan diri untuk dosis ketiga setelah tiga bulan, karena rendahnya tingkat perlindungan vaksin tersebut terhadap varian Omicron.

Studi menunjukan efektifitas booster Pfizer dan Moderna menurun setelah empat bulan.

Namun, booster masih tergolong ampuh melawan gejala berat Covid-19 yang memerlukan rawat inap di rumah sakit.

Gencarnya vaksinasi menjadi faktor utama rendahnya angka kematian Covid-19 di Singapura yang saat ini berjumlah 937 korban.

Vaksin Covid-19 menurut data pemerintah Singapura berhasil mencegah 33.000 kasus bergejala berat, 112.000 kasus rawat inap, dan 8.000 pasien meninggal dunia terutama ketika gelombang varian Delta mengguncang tahun lalu.

Baca juga: Tiga Vaksin Ini Disebut Bisa Beri Kekebalan Lebih Tinggi sebagai Booster dari Sinovac

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com