Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 India Tiba-tiba Naik, Kembali Laporkan 20.000 Lebih Kasus Harian

Kompas.com - 03/01/2022, 20:04 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

NEW DELHI, KOMPAS.com - Covid-19 India kembali melaporkan 22.775 kasus baru pada Sabtu (1/1/2022), menurut data kementerian Kesehatan India.

CNN pada Minggu (2//2022) melaporkan bahwa situasi ini menambah kekhawatiran bagi pihak berwenang di seluruh negeri akan meningkatnya jumlah kasus.

Baca juga: KALEIDOSKOP INTERNASIONAL JULI 2021: Jamur Hitam Mewabah di India | Banjir Bandang di Jerman

Data menunjukkan bahwa kota metropolitan berpenduduk padat, seperti ibu kota nasional New Delhi, pusat keuangan Mumbai dan Kolkata di timur, mengalami kenaikan paling tajam.

Di negara bagian timur Bengal Barat, infeksi meningkat menjadi 3.450 dalam sehari. Setidaknya 1.950 kasus dilaporkan di ibu kota Kolkata. Enam belas kasus varian Omicron telah dilaporkan di Benggala Barat.

Kota Kolkata mendeklarasikan 17 zona penahanan mikro di kluster perumahan, di mana lebih dari 5 infeksi telah dilaporkan.

Orang-orang yang tinggal di zona tersebut tidak diizinkan meninggalkan daerah itu, sebagai upaya untuk mencoba menahan penyebaran penyakit.

Baca juga: KALEIDOSKOP INTERNASIONAL APRIL 2021: Pasangan Gay Thailand Menikah | Tsunami Covid-19 India

Ajoy Chakrobarty, direktur layanan kesehatan negara bagian, mengatakan telah mengadakan pertemuan dengan rumah sakit swasta, untuk memastikan fasilitas kesehatan siap untuk menangani peningkatan jumlah kasus.

India menyaksikan gelombang kedua Covid-19 yang menghancurkan tahun lalu ketika jumlah rata-rata harian kasus baru mencapai sekitar 400.000.

Beban kasus telah turun secara signifikan sejak saat itu. Selama berbulan-bulan penghitungan nasional tetap di bawah 10.000 kasus per hari.

Sekarang, para pejabat dan pakar medis negara itu khawatir varian Omicron mungkin memicu gelombang ketiga Covid-19 India.

Baca juga: Terpukul Hebat Varian Delta, Begini Cara India Hadapi Ancaman Varian Omicron

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com