Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

27 November 1940: Hari Kelahiran Bruce Lee

Kompas.com - 27/11/2021, 11:14 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Bruce Lee, yang punya nama Tionghoa Li Jun Fan, lahir 27 November 1940 di San Francisco, California, AS.

Siapa yang tak kenal pria ini? Jagoan yang bisa merobohkan Anda dalam sekali gebuk--jangan lupakan aksi usap hidung ikoniknya.

Hari ini, Lee berulang tahun. Selain dikenal sebagai aktor kenamaan, dia bertanggung jawab mempopulerkan seni bela diri dalam banyak film aksinya tahun 70an.

Baca juga: 5 Kecelakaan Fatal yang Pernah Terjadi di Lokasi Syuting, Ada Putra Bruce Lee

Dilansir Britannica, pria yang pada meninggal 20 Juli 1973 di Hong Kong ini diperkenalkan ke industri hiburan pada usia dini, karena ayahnya adalah seorang penyanyi opera dan aktor paruh waktu.

Lee yang lebih muda, mulai muncul dalam film sebagai seorang anak dan sering berperan sebagai anak nakal remaja atau anak jalanan.

Sebagai seorang remaja, ia bergabung dengan geng lokal dan mulai belajar kung fu untuk membela diri dengan lebih baik.

Pada saat itu, ia juga memulai pelajaran menari, yang selanjutnya menyempurnakan gerak kaki dan keseimbangannya.

Pada tahun 1958 Lee memenangkan kejuaraan cha-cha Hong Kong.

Baca juga: Kematian Mendadak Bruce Lee, Apa Sebenarnya yang Terjadi?

Orang tua Lee semakin terganggu oleh perkelahian jalanan dan bentrokan dengan polisi, dan mereka mengirimnya untuk tinggal di Amerika Serikat tidak lama setelah dia berusia 18 tahun.

Dia tinggal bersama teman-teman keluarga di Seattle, tempat dia menyelesaikan sekolah menengah dan belajar filsafat dan drama di University of Washington.

Saat di Seattle, ia membuka sekolah seni bela diri pertamanya, dan pada tahun 1964 ia pindah ke Oakland, California, untuk mendirikan sekolah kedua.

Saat itulah, ia mengembangkan tekniknya sendiri, jeet kune do, perpaduan kung fu kuno, anggar, tinju, dan filosofi, yang mulai ia ajarkan alih-alih seni bela diri tradisional.

Dia menarik perhatian seorang produser televisi setelah memberikan demonstrasi kung fu di sebuah turnamen karate di daerah Los Angeles, dan dia berperan sebagai sahabat karib Kato dalam serial televisi "The Green Hornet" (1966-1967).

Baca juga: Apa Saja Latihan yang Membuat Bruce Lee Kuat? Ini Isi Buku Catatannya

Lee mengalami kesulitan mencari pekerjaan akting setelah pembatalan "The Green Hornet", dan dia mulai menambah penghasilannya dengan memberikan pelajaran pribadi jeet kune do kepada bintang Hollywood, termasuk Steve McQueen.

Dalam film tahun 1969 "Marlowe", Lee menerima pemberitahuan untuk sebuah adegan di mana ia harus menghancurkan seluruh kantor melalui gerakan kickboxing dan karate.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com