Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

26 November 2018: Pencipta Spongebob Squarepants Stephen Hillenburg Meninggal

Kompas.com - 26/11/2021, 11:07 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Variety

KOMPAS.com - Duka itu datang dari "Bikini Bottom". Stephen Hillenburg, pencipta serial kartun Nickelodeon SpongeBob SquarePants, meninggal pada Senin, 26 November 2018, di usia 57 tahun.

Dilansir Variety, penyebab kematiannya adalah ALS, yang menurut Hillenburg sudah didiagnosis pada Maret 2017.

"Kami sangat sedih dengan berita bahwa Steve Hillenburg telah meninggal dunia setelah berjuang melawan ALS," kata Nickelodeon dalam sebuah pernyataan di hari kematian Hillenburg.

Baca juga: Stephen Hillenburg, Kreator Spongebob SquarePants, Meninggal Dunia

“Dia adalah teman tercinta dan mitra kreatif lama untuk semua orang di Nickelodeon, dan hati kami tertuju pada seluruh keluarganya."

"Steve mengilhami SpongeBob SquarePants dengan selera humor dan kepolosan yang unik, yang telah membawa kegembiraan bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana pun."

"Karakternya yang benar-benar orisinal dan dunia Bikini Bottom menjadi pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas,” tambah Nick.

Baca juga: Koleksi Kapsul Vans, Manjakan Penggemar SpongeBob SquarePants

Hillenburg, lulus dari Humboldt State University pada tahun 1984 dengan gelar sarjana dalam Perencanaan dan Interpretasi Sumber Daya Alam, dengan penekanan pada sumber daya laut.

Ia kemudian menjadi guru biologi kelautan di Orange County Marine Institute (sekarang Ocean Institute) di Dana Point, California.

Ketertarikan ini, dikombinasikan dengan bakat seni dan kecintaannya pada laut dan makhluknya, membawanya untuk menulis dan mengilustrasikan cerita sebagai alat pengajaran dengan karakter yang nantinya akan menjadi penghuni rumah SpongeBob, Bikini Bottom.

Dia memulai karir animasinya pada tahun 1987, mengejar gelar dalam Animasi Eksperimental di California Institute of Arts di Valencia dan mendapatkan gelar Master of Fine Arts pada tahun 1992.

Baca juga: Dua Episode SpongeBob SquarePants Dihapus karena Konten yang Tidak Pantas

Pada tahun yang sama ia memenangkan penghargaan untuk Konsep Animasi Terbaik di Festival Animasi Internasional Ottawa untuk animasi pendeknya “Wormholes”, yang kemudian ditampilkan di berbagai festival animasi internasional.

Dari 1993 hingga 1996, ia mengejar pekerjaan di televisi sebagai sutradara dan penulis di serial Nickelodeon "Rocko's Modern Life."

Dari sana, ia mulai bekerja penuh waktu dalam menulis, memproduksi, dan mengarahkan serial animasi yang akhirnya menjadi SpongeBob SquarePants.

Episode pertama ditayangkan di Nickelodeon pada 1 Mei 1999 dan serial ini mulai tayang penuh pada 17 Juli tahun itu.

Serial ini telah menayangkan hampir 250 episode hingga saat ini, yang menarik tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga pemirsa yang lebih tua.

Baca juga: Sinopsis SpongeBob Squarepants, Petualangan Seru SpongeBob di Bikini Bottom

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com