Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Republikan AS Usul Bujet Rp 28,7 Triliun Per Tahun untuk Bantu Taiwan Lawan China

Kompas.com - 05/11/2021, 08:57 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Partai Republik Amerika Serikat pada Kamis (4/11/2021) mengusulkan alokasi dana 2 miliar dollar AS (Rp 28,7 triliun) per tahun untuk membantu pertahanan Taiwan dalam menghadapi tekanan dari China.

Undang-undang tersebut, yang ditinjau oleh Reuters, jika disetujui akan mengesahkan 2 miliar dollar AS per tahun dalam Pembiayaan Militer Asing sampai 2032 untuk Taiwan.

Pembiayaan Militer Asing berupa hibah dan pinjaman yang memungkinkan negara-negara untuk membeli senjata dan peralatan pertahanan yang diproduksi di Amerika Serikat.

Baca juga: Jika China Perang Lawan Taiwan, Apa yang Akan AS Lakukan?

Meski RUU ini baru didukung oleh Partai Republik yang merupakan minoritas di Senat, itu menambah tekanan ke Presiden Joe Biden dari Demokrat untuk bertindak lebih berani guna memperkuat hubungan dengan Taiwan.

AS sendiri merupakan pemasok militer utama bagi Taiwan.

Sponsor utama RUU itu adalah Senator Jim Risch, Republikan ternama di Komite Hubungan Luar Negeri Senat. Pendukung lainnya termasuk Senator Republik Mike Crapo, John Cornyn, Bill Hagerty, Mitt Romney, dan Marco Rubio.

Belum diketahui bagaimana Demokrat menyikapi RUU tersebut. Dukungan untuk Taiwan adalah masalah langka yang mendapat dukungan bipartisan di Senat yang terpecah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com